Sertifikasi Lahan ITK Selesai Minggu Depan

SAMARINDA - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)  Badan Pertanahan (BPN) Kaltim Made Ngurah Pariatna menyatakan dukungannya atas pendirian Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan, dengan melakukan percepatan penerbitan sertifikat  tanah,  sehingga proyek pembangunan gedung sekolah tinggi tersebut dapat segera dimulakan.
“Kita harapkan proses sertifikasi  lahan untuk pembangunan ITK di Balikpapan, selesai pada Jumat  minggu depan,” sebut Made saat melakukan pertemuan jajaran Kanwil BPN Kaltim dengan Gubernur Kaltim di Kantor Gubernur,  Selasa(13/8).
Made Ngurah mengatakan, Kanwil BPN telah menyelesaikan pembuatan peta bidang yang diharapkan pimpinan PLN menyerahkan peta tersebut kepada Pemprov Kaltim,  karena lahan yang akan digunakan sebagai pembangunan ITK di Balikpapan merupakan lahan tukar guling  PLN dengan Pemprov Kaltim.
“Hari ini  kami sudah menyiapkan formulir  permohonan sertifikat, jika sudah ditandangani, minggu ini kita lakukan proses penelitian tanah,” ujarnya.
Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menyatakan terima kasih atas upaya jajaran Kanwil BPN Kaltim yang mendukung  penuh pembangunan ITK di Balikpapan. Selama ini proyek tersebut belum dapat dimulai karena terganjal status lahan ITK seluas 5,8 hektare yang belum bersertifikat.
“Saya sangat gembira dan berterimakasih  kepada jajaran Kanwil BPN Kaltim atas upaya percepatan sertifikasi ini, karena dengan sertifikat tersebut merupakan salah satu syarat dari Pemerintah Pusat untuk segera mengucurkan dana pembangunan.” ujar Awang yang terlihat sumringah.
“Keluar ruangan ini, saya akan telpon Pak M. Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) untuk mengabarkan hasil rapat kita ini, sehingga pihak kementrian juga melakukan persiapan terkait pengucuran dana,” katanya.
Awang mengatakan, dalam pembangunan memang terkadang terganjal pada masalah pertanahan dan lahan, namun begitu  harus diselesaikan  secara jelas sehingga nantinya tidak berujung pada persoalan hukum.
“Jika ada hambatan dalam pembangunan,  harus kita cari penyelesaiannya, sehingga kegiatan kerja terus berjalan sesuai rencana,” katanya.  
Hadir dalam pertemuan itu, Asisten III Sekdaprov Kaltim Bere Ali, Asisten  IV  Sofjan Helmi, Kepala Dinas PU dan Kimpraswil Kaltim HM Taufik Fauzi serta Kepala Biro Humas dan Protokol Kaltim S. Adiyat. (gie/hmsprov).

///Foto : Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak (berkopiah) saat melakukan pertemuan dengan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)  Badan Pertanahan (BPN) Kaltim Made Ngurah Pariatna (kemeja abu-abu).(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation