Kalimantan Timur
Sholat Idul Adha di Masjid Raya Darussalam Samarinda


 

Mukmin : Berkurban untuk Kesejahteraan Bersama

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal mengajak seluruh umat muslim di Kaltim untuk menjadikan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini sebagai momentum untuk saling berbagi.

"Bagi kita yang diberi rejeki berlebih, hendaknya melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya sebagai pernyataan rasa solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama, terutama bagi fakir miskin dan kurang mampu," kata Mukmin saat mengikuti salat Idul Adha di Masjid Raya Darussalam Samarinda pada Senin (12/9).

Menurutnya, bekurban adalah perwujudan kesadaran umat muslim akan pentingnya nilai kebersamaan yang merupakan salah satu perekat persatuan dan kesatuan dalam pembangunan. Apalagi, tujuan dan cita-cita pembangunan menuju Kaltim yang lebih baik sangat tidak mungkin tercapai jika nilai-nilai sosial masih bersentuhan dengan diskriminasi, hilangnya rasa saling menghormati dan menghargai serta berkurangnya kepedulian antarsesama.

"Oleh karena itu hikmah berkurban tidak lain adalah untuk mengingatkan kita bahwa keberadaan kita di muka bumi ini mempunyai ketergantungan antara satu dengan lainnya. Karena itu, mari saling berbagi menuju terwujudnya kesejahteraan bersama," kata Mukmin.

Perayaan hari raya Idul Adha di Mesjid Darussalam Samarinda juga dihadiri Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim maupun Pemkot Samarinda.

Idul Adha tahun ini terkumpul  sebanyak 18 hewan kurban, yang terdiri dari sapi sebanyak 11 ekor dan kambing 7 ekor. Hewan kurban berasal dari sejumlah instansi maupun personal termasuk dari para pejabat Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda. (rus/sul/es/humasprov)

Berita Terkait