Kalimantan Timur
Siagakan 2.800 Personel Kodam dan Polda Kaltim

dok.humaskaltim

BALIKPAPAN - Diawali peninjauan stan unjuk kesiapan personel dan peralatan, Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak berlanjut memeriksa gelar pasukan pada Upacara Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 di Lapangan Makodam VI Mulawarman Balikpapan, Senin (22/3/ 2021).

 

Menurut Gubernur Isran Noor, kegiatan yang digelar Kodam VI Mulwarman sangat  penting dan strategis dalam penanggulangan bencana alam di Kalimantan Timur.

 

"Rakorda dan upacara kesiapan yang diinisiasi Pangdam VI Mulwarman ini sangat baik," katanya usai memimpin upacara.

 

Dari kegiatan ini, lanjutnya mengingatkan semua pihak. Tidak saja, Pemerintah Provinsi Kaltim beserta jajaran Forkopimda, Kodam VI Mulwarman dan Polda Kaltim, tapi seluruh kepala daerah (bupati dan wali kota) beserta jajaran terkait dan stakeholders di daerah, swasta dan masyarakat pentingnya melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan.

 

"Semuanya, semua yang terkait hingga tingkat daerah dan masyarakat bekerjasama yang sinergis melakukan langkah antisipasi," jelasnya.

 

Sementara itu Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyebutkan pihaknya bersama Polda Kaltim didukung kekuatan-kekuatan di daerah siap melakukan langkah antisipasi, pencegahan, penanganan hingga pasca bencana.

 

"Sejauh ini personel yang kita persiapkan 2.800 orang yang di Kodam dan unsur-unsur di Polda juga sama, termasuk di daerah, kabupaten dan kota, Kodim dan jajaran. Kita punya kekuatan satuan-satuan batalyon yang sewaktu-waktu siap diterjunkan," ungkapnya.

 

Intinya, tambah Pangdam, seluruh kekuatan yang akan dilibatakan baik personel, sarana dan prasarana bahkan alutsista yang dibutuhkan.

 

"Prinsipnya satu, kami semua, Pak Gubernur dibackup oleh Pangdam dan Kapolda serta seluruh bupati dan wali kota bersinergi bersama-sama untuk menjaga dan menghadapi bencana alam," pungkasnya.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait