Siap bebaskan lahan Perusahaan Batubara Dukung Jalan Tol

Siap bebaskan lahan Perusahaan Batubara Dukung Jalan Tol

 

SAMARINDA - Sebanyak 26 perusahaan tambang batu bara yang masuk jalur pembangunan jalan tol Balikpapan - Samarinda siap membebaskan lahan demi melancarkan proses pembangunan jalan bebas hambatan pertama di Kaltim tersebut.

Perusahaan yang lahannya masuk jalur tol tersebut diantaranya adalah PT Insani Bara Perkasa dan PT Singlurus dengan status perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B), serta perusahaan lain dengan status ijin usaha pertambangan (IUP).

"Informasi yang kami terima, seluruh perusahaan tambang batu bara yang lahanya masuk dalam jalur tol bersedia untuk dibebaskan. Dua perusahaan PKP2B bahkan telah membuat surat pernyataan bersedia dibebaskan,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kaltim Amrullah di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (9/2).

Menurut dia, lahan perusahaan tambang batu bara yang masuk jalur jalan tol prinsipnya tidak  ada masalah. Jalur tol tersebut berada di wilayah Samarinda dan Kutai Kartanegara.

Karena itu, saat ini Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertambangan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kaltim untuk mengetahui lahan perusahaan mana saja yang belum dibebaskan.

“Memang ada beberapa perusahaan yang belum membebaskan lahan mereka untuk pembangunan jalan tol. Tetapi, saat ini kami terus berupaya melakukan koordinasi agar lahan yang masuk jalur tol tersebut bisa dibebaskan. Kami berharap mereka bisa membuat surat pernyataan untuk membebaskan lahan tersebut. Apalagi, pembangunan ini kan untuk kepentingan umum,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation