Siapkan 50 Ribu Beasiswa Pertahun

Siapkan 50 Ribu Beasiswa Pertahun

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan, lima tahun kedepan akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa. Jika lima tahun terakhir, setiap tahunnya diberikan kepada sekitar 30 ribu putra-putri Kaltim,  maka sejak 2014 akan ditingkatkan menjadi 50 ribu penerima beasiswa setiap tahunnya.

"Ini adalah investasi jangka panjang. Kita harus siapkan sumber daya manusia Kaltim yang andal, berkualitas dan berdaya saing untuk mengantisipasi era globalisasi dan kian menyusutnya kekayaan sumber daya alam tak terbarukan yang hingga saat ini masih terus dieksploitasi," ungkap Awang.

Gubernur melanjutkan, Pemprov juga telah menyiapkan Beasiswa Kaltim Cemerlang untuk putra-putri daerah tanpa seleksi, namun melalui SK (Surat Keputusan) dari para bupati/walikota. Mereka yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut, tidak perlu lagi mengakses lewat internet, melainkan harus berkoordinasi dengan bupati/walikota melalui Pemkab/Pemkot masing-masing. 

“Bayangkan jika semua kabupaten/kota menerima 1.000 beasiswa berarti ada 15.000 penerima beasiswa (termasuk Kaltara) yang mendapatkan beasiswa tanpa melalui seleksi. Itu akan langsung saya terima. Baik untuk program S1, S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri. Jangan sia-siakan peluang ini,” sebut Gubernur. 

Bukan hanya itu, Pemprov tahun ini juga telah mengirimkan 50 putra-putri Kaltim ke Rusia untuk belajar bidang perkeretaapian, seiring dengan pembangunan rel kereta api yang melintasi Kutai Barat hingga Balikpapan sepanjang tidak kurang dari 200 km. 

Program Beasiswa Kaltim Cemerlang telah berjalan sejak 2009-2013 dengan total 187 ribu penerima dan dilanjutkan kembali pada 2014-2018 dengan target penerima  sebanyak 250 ribu orang. Guberur Awang Faroek optimis Kaltim akan menjadi daerah unggul di masa mendatang karena telah menyiapkan SDM berkualitas melalui investasi jangka panjang di bidang pendidikan. (tim humas)

Berita Terkait
Government Public Relation