Siapkan Delapan Kegiatan Pro Rakyat

Program Unggulan 100 Hari Disnak

SAMARINDA – Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim telah menyiapkan delapan program unggulan guna memenuhi terget kerja 100 hari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di ingkup Pemprov Kaltim dalam kegiatan subsektor peternakan.
“Kita telah menyusun delapan program unggulan jangka pendek yang dilaksanakan dan dituntaskan dalam 100 hari kerja untuk  2014. Gubernur Awang Faroek menginginkan agar kegiatan ini menyentuh langsung ke masyarakat,” kata Kepala Disnak Kaltim H Dadang Sudarya, Jumat (27/12).
Kedelapan program unggulan tersebut yakni program peningkatan produksi hasil peternakan dengan target panen pedet  300 ekor dan kegiatan pengembangan perbibitan dan budidaya berupa penerbitan perdana Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) 50 ekor.
Pemeriksaan pangan asal hewani melalui identifikasi spesies 110 pengujian dan cemaran mikroba 160 pengujian dan residu bahan kimia 33 pengujian serta residu anti biotic 33 pengujian serta pelayanan kesehatan hewan untuk 500 ekor.
 Kegiatan pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit Jembrana berupa vaksin  2.000 ekor sapi serta pencegahan dan pengendalian penyakit flu burung (avian influenza/AI) melalui peningkatan kapasitas dan pelatihan tim/petugas reaksi cepat (PSDR/Partisipatory Disease Survellance Response ).
Pengambilan sampel sekaligus pemeriksaan penyakit hewan khususnya terhadap penyakit parasit darah untuk 300 sampel dan penyakit parasit cacing untuk 75 sampel serta penyakit Brucelosis (serum darah) untuk 500 sampel.
Pencegahan dan pengendalian serta pemberantasan penyakit rabies khususnya terhadap 4.000 ekor hewan penular rabies (HPR) sekaligus pelatihan bagi 15 kader vaksinator rabies di kabupaten/kota.
“Program peningkatan penerapan teknologi khususnya penelitian dan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) melalui inseminasi buatan (IB) masal bagi 250 ekor ternak di fokuskan pada kelompok ternak di Kelurahan Sungai Siring Samarinda,” ujar Dadang.(yans/hmsprov)

//// FOTO : Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim akan melakukan pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit Jembrana berupa vaksin untuk 2.000 ekor sapi.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait