Siapkan Luluskan SDM Pelayaran Tangguh dan Berkualitas

Madabintal 2014 UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan

SAMARINDA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim siap menciptakan sumber daya manusia (SDM) pelayaran yang berkualitas dan memiliki karakter, disiplin serta tangguh, yang diharapkan dapat mendukung program pembangunan Pemprov Kaltim, terutama dalam bidang pelayaran.

Karena itu, setiap tahun Dishub Kaltim menggelar Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental (Madabintal) yang diikuti seluruh siswa baru di UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan, sejak 11-23 Agustus 2014 di Samarinda.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun agar setiap siswa yang lulus dari sekolah ini, kelak selalu siap membawa kapal di daerah pelayaran manapun dalam keadaan iklim yang berbeda. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketika berlayar dapat membuat keputusan dalam bernavigasi dengan cepat dan akurat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain didampingi Kepala UPTD SMK Negeri Pelayaran Kalimantan Priambodo Prakoso usai menutup Madabintal 2014 di Lapangan Pusat Latihan Korem 091/ASN Tanah Merah Samarinda, Sabtu (23/8).

Selain itu, para lulusan dari sekolah ini dapat mengurangi resiko bahaya dan kecelakaan yang timbul di atas kapal, terutama saat melakukan berbagai kegiatan dalam pelayaran.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan pula disiplin siswa dalam menjalani pendidikan di sekolah hingga lulus akan meningkat. Karena, dengan kedisiplinan, siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan tertib, sehingga apa yang disampaikan para guru di sekolah dapat dipahami dengan baik.

Dia berharap, jangan sampai setelah mengikuti kegiatan tersebut, siswa tidak disiplin dalam mengikuti pelajaran. Karena, dalam pendidikan di sekolah tersebut bukan hanya mental dan fisik yang diperlukan, tetapi sikap disiplin dan ilmu pengetahuan siswa juga diperlukan.

“Saya yakin, jika sikap tersebut telah tertanam dalam jiwa seluruh siswa, maka Kaltim mampu mencetak SDM pelayaran yang berkualitas dan berkarakter. Bahkan diharapkan siswa yang lulus siap bekerja di sektor pelayaran, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Yang jelas, kami berharap seluruh siswa termotivasi dalam menjalani pelajaran ketika kembali ke sekolah,” jelasnya.

Pembinaan diikuti sebanyak 60 siswa, terdiri dari 30 siswa jurusan nautika dan 30 siswa jurusan tehnika yang dibina dari perwakilan Korem 091/ASN dan Kodim 0901 Samarinda. (jay/sul/es/hmsprov).

 

////FOTO : Sejumlah siswa pelayaran sedang mengikuti kegiatan Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental (Madabintal).(ist)

 

Berita Terkait