Siapkan Oleh-oleh Bagi Peserta , Kaltim Siap Gelar Rakernis Staf Ahli Se-Indonesia

Foto : Ist

SAMARINDA - Kalimantan Timur siap menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Staf Ahli Kepala Daerah Seluruh Indonesia 2020. Rakernis akan digelar di Kota Beriman pada 25-27 Februari 2020, dipusatkan di Hotel Platinum Balikpapan.

.

Staf Ahli Gubernur bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor mengungkapkan rakernis ini digagas oleh Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) dana akan melibatkan staf ahli kepala daerah dari Sabang sampai Merauke. 

.

Dipilihnya Kaltim, khususnya Balikpapan sebagai tuan rumah rakernis ini, menurut Yadi Robyan Noor, berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Staf Ahli Seluruh Indonesia di Padang, Sumatera Barat pada 14 November 2018. 

.

Selain itu, momentum terbaik karena Kaltim ditunjuk sebagai ibu kota negara (IKN). Kaltim juga telah membuktikan bisa mengisi posisi di Pengurus Pusat Forsakada dan dipilih sebagai Koordinator Wilayah Tengah Forsakada.  

.

“Intinya kita siap untuk itu. Siap menerima tamu dari Sabang sampai Merauke dan memberikan oleh-oleh khusus bagi peserta,” tegas Roby, sapaan akrab Yadi Robyan Noor. 

.

Oleh-oleh yang dimaksud, lanjut Roby, targetnya kepada staf ahli. Bagaimana menambah kapasitas dalam konteks kompetensi staf ahli itu sendiri, serta pembantu staf ahli, yang terdiri dari staf TU (tata usaha) dan staf keuangan. Khususnya, pelatihan untuk optimalisasi pengelolaan http://forsakada.info yang sudah dilaunching oleh Sekjen Kemendagri. 

.

“Kedua kami memberikan semacam oleh-oleh kepada peserta. Yaitu berupa best practice. Diantaranya kunjungan lapangan ke pengelolaan sampah terpadu di TPA Manggar yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi. Kemudian, kunjungan ke Korpri terbaik nasional, yaitu Korpri Pemkot Balikpapan. Dan ketiga, kunjungan ke media terbesar di Kalimantan, dimana mereka akan diberikan wejangan bagaimana berita dibuat sampai terbit,” jelas Roby.

.

Roby menyebut ada beberapa nara sumber yang akan hadir dalam perhelatan rakernis selama tiga hari ini, diantaranya Sekjen Kemendagri, Menteri PPN/Bappenas, Walikota Balikpapan, Dr HM Nuh dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya Malang dan Staf Ahli Menteri Dalam Negeri. 

.

“Pak Hadi Prabowo selaku Sekjen Kemendagri berkenan hadir dan menjadi nara sumber pada rakernis ini. Kegiatan ini juga direncanakan di buka langsung oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor sekaligus sebagai keynote speaker,” pungkas Roby. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation