Kalimantan Timur
Siapkan Posko Bencana Tingkat RT

dok.humaskaltim

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim Yudha Pranoto meminta agar posko Covid-19 di  tingkat kelurahan bahkan RT dan RW bisa terus difungsikan meski pandemi ini berakhir.

 

Menurut Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim itu, posko-posko itu bisa sekaligus digunakan untuk antisipasi penanganan berbagai potensi  bencana lainnya.

 

"Alangkah baiknya, posko-posko Covid-19 itu juga dipersiapkan untuk antisipasi bencana lainnya.  Jadi tidak hanya Covid-19," kata Yudha Pranoto di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur, Rabu (3/3/2021).

 

Posko itu bisa dimanfaatkan untuk media edukasi dan literasi bagi masyarakat tentang bagaimana harus bertindak ketika terjadi bencana. Misalkan banjir, kebakaran bahkan gempa bumi dan longsor.

 

Pemerintah di daerah tidak bisa menyepelekan kemungkinan datangnya bencana. Sebab siapa pun tidak akan ada yang bisa menduga, kapan bencana itu datang.

 

"Kalau disiapkan dari awal, tentu masyarakat akan lebih sigap. Bagaimana jika terjadi banjir, bagaimana kalau gempa bumi, dan sebagainya," tambah Yudha.

 

Posko-posko bencana itu bisa digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang langkah yang tepat dalam penanganan bencana.

 

"Bupati dan wali kota juga harus sering-sering mengumpulkan kepala BPBD masing-masing," tandas Yudha. (sul)

Berita Terkait