Siapkan SDM Berkualitas Untuk Masa Depan

Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Sektor pendidikan salah satu program prioritas pembangunan di Kaltim sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk percepatan dan pemerataan pembangunan di wilayah Kaltim. Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Kaltim tidak dapat menggantungkan diri terus dengan migas dan batubara sebab lambat laun akan habis.

Untuk mengantisipasi hal maka harus ada terobosan melalui peningkatan kualitas SDM dari berbagai jenjang pendidikan agar memiliki daya saing tinggi.

Diungkapkannya, banyak negara maju seperti Singapura yang tidak memiliki SDA tetapi mampu bersaing dengan negara maju lain.

"Hal itu disebabkan mereka memiliki SDM yang andal dan berkualitas. Maka dari itu peningkatan SDM diatas segala-galanya," kata Hadi Mulyadi usai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pendidikan se Kaltim tahun 2019 di Ruang Kersik Luway Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Rabu (27/2/2019).

Ditambahkan, Pemprov sudah melakukan berbagai program dalam peningkatan SDM mulai tingkat SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Diantaranya, melaksanakan program wajib belajar (wajar) 12 tahun agar masyarakat dapat mengenyam dunia pendidikan dan tidak putus sekolah. "Pendidikan harus terdepan. Utamakan kualitas juga integritas dan dedikasi tinggi agar terbentuk generasi penerus yang cerdas, berkarakter bahkan berakhlak mulia. Tidak saja pemerintah daerah tetapi semua pihak ikut berkontribusi merealisasikannya," papar Wagub.(mar/her/yan/fat/humasprov katim)

Berita Terkait
Government Public Relation