Siaran TVRI Kaltim Jangkau Kawasan Perbatasan

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus memberikan perhatian untuk wilayah perbatasan yang masih tertinggal dalam dunia informasi dan komunikasi dengan dibangunnya sejumlah menara komunikasi di kawasan perbatasan dan pedalaman yang belum terjangkau jaringan komunikasi.

"Kali ini, kami akan membantu Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dengan penyewaan satelit parabola agar siaran TVRI dapat terjangkau luas diseluruh kabupaten dan kota hingga wilayah pedalaman dan perbatasan yang saat ini hanya bisa menangkap siaran TV Malaysia," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Abdullah Sani melalui kepala Bidang Teknologi dan Informasi Akhmad Mulyadi.

Menurut dia, Pemprov Kaltim melalui Diskominfo Kaltim sudah menjalin kerjasama dengan TVRI Kaltim dalam menyebarluaskan berbagai informasi pembangunan ke masyarakat.

"Usulan sudah dilakukan, kita juga akan menyewa bandwith agar dalam setiap kegiatan-kegiatan penting dapat disiarkan secara langsung oleh TVRI Kaltim. Yang jelas, tujuan dari penyewaan satelit ini adalah agar siaran berita yang ditayangkan oleh TVRI Kaltim dapat diterima masyarakat Kaltim yang tinggal di wilayah perbatasan dan pedalaman hingga pulau terluar Kaltim," katanya.

Selain membantu TVRI dengan penyewaan satelit, Diskominfo Kaltim juga akan menbangun stasiun pemancar bagi Radio Republik Indonesia (RRI) dengan tujuan yang sama dengan penyewaan satelit, agar masyarakat di wilayah kota dan kabupaten se Kaltim serta wilayah perbatasan dan pedalaman serta pulau terluar juga dapat menerima siaran berita dari dalam negeri.

"Selama ini, di kawasan perbatasan masih terdapat beberapa titik lokasi yang masih menerima siaran berita dari negara tetangga. Kali ini, kami berupaya agar siaran berita Indonesia juga bisa diterima di seluruh kawasan perbatasan dan pedalaman serta pulau terluar Kaltim," katanya.

Akhmad berharap, masyarakat yang tinggal di perbatasan dapat selalu ingat bahwa mereka adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Indonesia dengan mendengarkan siaran RRI dan menonton tayangan TVRI.

"Kehadiran TVRI Kaltim dan RRI di wilayah perbatasan, diharapkan warga  dapat merasakan atau memberi masukan tentang program pembangunan di daerah. Termasuk menyuarakan kritik terhadap kebijakan yang dianggap kurang tepat," katanya. (rus/es/humasprov).

Foto: Pemprov Kaltim bekerja sama dengan PT Telkom membangun tower untuk memberikan akses komunikasi dan informasi, termasuk sewa satelit untuk TVRI dan RRI agar siaran dan tayangan bisa dinikmati warga perbatasan dan pedalaman.(masdiansyah/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation