Sidang Istimewa DPRD Kaltim


 

Awang : Pembangunan Tidak Pernah Berhenti

SAMARINDA – Kalimantan Timur telah dianggap sebagai “raksasa” yang telah bangun dari tidurnya bahkan mampu berlari kencang.

Anggapan ini tidak salah karena dibuktikan dengan berbagai pencapaian pembangunan dan kemajuan daerah walaupun masih banyak target pembangunan yang belum dicapai.

Karenanya, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan pembangunan tidak pernah berhenti bahkan terus berlanjut sampai kapan pun.

Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim pada Sidang Istimewa DPRD Kaltim dalam rangka Peringatan HUT ke-60 Provinsi Kaltim Tahun 2017 di Ruang Sidang Utama DPRD Kaltim Karang Paci Samarinda, Sabtu (7/1).

Tiga prioritas pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD 2013-2018 terinci ke dalam lima misi agenda utama pembangunan  Kaltim.

“Jika dibandingkan kondisi Kaltim pada 60 tahun silam dengan saat ini tentunya telah banyak terjadi perubahan. Pembangunan pada dasarnya tidak pernah berhenti dan terus berlanjut,” kata Awang Faroek.

Apalagi lanjutnya, masalah dan tantangan ke depan semakin berat yang harus diatasi dengan baik bahkan memerlukan komitmen yang kuat serta dukungan semua pihak.

Menurut dia, capaian prestasi dan pembangunan daerah selama ini tidak terlepas dari kerja keras Pemprov bersama kabupaten dan kota didukung lembaga legislatif di Kaltim.

Awang berharap momentum peringatan HUT provinsi tahun ini menjadi ajang evaluasi untuk menguatkan tekad, sehingga terwujud kemajuan dan kejayaan demi kesejahteraan rakyat Kaltim.

Dalam kesempatan itu Gubernur Awang Faroek menyampaikan laporan kinerja tahun ketiga RPJMD Kaltim 2013-2018 di hadapan Anggota DPRD Kaltim dan FKPD serta para kepala daerah dan organisasi masyarakat.

Dia menyebutkan lima misi untuk mewujudkan visi pembangunan 2013-2018 dengan spirit membangun masa depan ekonomi daerah Kaltim yang berbasis peningkatan nilai tambah sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Selain itu hasil evaluasi pencapaian program prioritas untuk lima misi terdiri  misi pertama untuk mewujudkan kualitas SDM Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi dari 18 program prioritas itu 14 program mencapai target.

Sementara misi kedua mewujudkan daya saing ekonomi yang berkerakyatan berbasis SDA dan energi terbarukan telah tercapai 26 program dari 59 program prioritas dan 14 menuju target.

Sedangkan misi ketiga mewujudkan infrastruktur dasar yang berkualitas bagi masyarakat secara merata dari 14 program prioritas ternyata lima program telah mencapai target.

Misi keempat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik terbukti 11 dari 12 program prioritas telah mencapai target.

Selanjutnya, misi kelima mewujudkan kualitas lingkungan yang baik dan sehat serta berperspektif perubahan iklim telah mencapai target 13 program dari 16 program prioritas.

Laporan kinerja Pemprov Kaltim dibacakan secara bergiliran oleh Gubernur H Awang Faroek Ishak, Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP dan Sekretaris Provinsi H Rusmadi.

Sidang istimewa dipimpin Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan dihadiri 35 anggota serta jajaran FKPD dan kepala daerah di Kaltim dan Kaltara maupun ratusan undangan memenuhi ruang sidang utama DPRD Kaltim.

Pada kesempatan itu Gubernur berkenan menyerahkan penghargaan kepada 29 tokoh berjasa di Kaltim terdiri tokoh kerukunan antar umat beragama, tokoh agama dan lingkungan hidup, pendidikan, pelopor kesehatan, pemuda, penggerak PKK dan peranan wanita, penggerak Pramuka, tokoh pers dan wartawan berprestasi, seni budaya, atlet berprestasi, pembina olahraga, dosen dan guru serta pelajar dan mahasiswa berprestasi. (yans/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait