Silahkan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

SAMARINDA–Kepala Dinas Sosial Kaltim, Hj  Siti Rusmalia Idrus melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, H Muhammad Yunus di ruang kerjanya, Senin (21/10) mempersilahkan organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan, pelajar dan mahasiswa serta  pegawai negeri maupun swasta yang ingin melakukan kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan tersebut. 

“Masyarakat yang ingin mengadakan ziarah tentunya harus memberitahukan kepada Dinas Sosial agar dapat diatur waktu penggunaannya. Tidak dipungut biaya, yang penting dapat menjaga kebersihan dan tata kesopanan selama berada di areal makam,” kata Yunus. 

Keberadaan Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa di ibukota provinsi Samarinda ini menjadi tanggungjawab Dinas Sosial Provinsi Kaltim dalam hal pemeliharaan dan perbaikan jika ada kerusakan.    

Dijelaskannya, Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa di Samarinda dimakamkan pahlawan-pahlawan daerah dan sejumlah tentara yang gugur dalam tugas. Untuk menentukan sesorang layak tidaknya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa adalah wewenang dari Korem 091/Aji Suryanatakesuma (ASN).  

Taman Makan Kesuma Bangsa, setiap tahun selalu digunakan saat peringatan HUT Provinsi Kaltim, HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pahlawan dan beberapa perayaan nasional dan daerah.

Untuk itu keberadaan Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa harus selalu mendapat perawatan  baik kebersihan maupun penataan taman-tamannya. Selain itu setiap tahun selalu saja ada perbaikan-perbaikan baik kecil maupun besar yang dilakukan. 

Dari tahun 1947-2005 di Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda terdapat sedikitnya 81 makam, terdiri dari anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), pejuang rakyat dan pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan  pahlawan yang gugur terbanyak  yaitu pada tahun 1947 berjumlah 27 orang.

“Keberadaan makam pahlawan tentunya adalah suatu kebanggaan di setiap provinsi. Untuk itu menjadi kewajiban pemerintah dan masyarakat untuk menjaga serta memanfaatkan makam pahlawan sebagai media untuk menghormati jasa para pahlawan,” ujarnya. (yul/hmsprov)

Berita Terkait
405 Orang Eks PSK Siap Dipulangkan
405 Orang Eks PSK Siap Dipulangkan

04 Desember 2016 Jam 00:00:00
Sosial

Lensa Kaltim Maju 2018
Lensa Kaltim Maju 2018

07 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation