Kalimantan Timur
Silaturahmi Pengurus dan Dewan Pengawas Baznas

foto:yuvita/humasprovkaltim

SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor menerima kunjungan jajaran pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltim di Ruang Kerja Gubernur, Lantai 2, Kantor Gubernur Kaltim, Jum’at  (19/3/2021).

 

Kunjungan silaturahmi dipimpin Ketua Baznas Kaltim H Ahmad Nabhan didampingi para wakil ketua, Miswan Thahadi, H Abdurrahman, Faridhatul Islam dan Ahmad Suparno, juga dihadiri anggota Dewan Pengawas Baznas Kaltim Muhammad Kurniawan dan H Muslim Gunawan.

 

Atas nama pemerintah dan masyarakat, Gubernur Isran Noor mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Baznas Provinsi Kaltim periode 2021-2026 diketuai H Ahmad Nabhan dan Dewan Pengawas Baznas Provinsi Kaltim diketuai Dr HM Jauhar Efendi.

 

"Saya dan masyarakat sangat berharap Baznas bisa bekerja maksimal dan sungguh-sungguh dalam mengelola zakat," kata Gubernur Isran Noor.

 

Baznas lanjutnya, sesuai tugas dan fungsi organisasi ini untuk melaksanakan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dari para muzaki (orang yang membayar zakat) untuk disalurkan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

 

"Yang dikelola itu hak orang miskin. Jadi distribusikan sebaik-baiknya. Itu juga kepercayaan orang mau memberikan zakatnya melalui Baznas. Jadi, jaga kepercayaan orang dengan baik," pintanya.

 

Kembali mantan Bupati Kutai Timur ini mengingatkan jajaran pengurus Baznas tetap berpatokan pada tata aturan dan perundangan yang berlaku agar tidak terjadi pelanggaran terlebih penyimpangan pengelolaan zakat.

 

Sementara Ketua Baznas Kaltim H Ahmad Nabhan menyebutkan data hasil pengumpulan zakat oleh Baznas sejak 2017 dan 2018 terjadi kenaikan, namun 2019 hingga 2020 mengalami penurunan.

 

"Di tahun 2017 cukup besar dan terkumpul lebih Rp9 miliar. Namun, tahun 2018 naik menjadi Rp11 miliar lebih (tambahan infak). Tapi, tahun 2019 turun menjadi Rp10 miliar dan tahun 2020 turun lagi sekitar Rp6,8 miliar," sebutnya.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait