Sisi Darat BSB Diestimasi Rampung 90 Persen
SAMARINDA - Masyarakat Kaltim khususnya Samarinda sangat mendambakan adanya Bandar Udara (Bandara) yang refresentatif untuk mempercepat perjalanan dan mobilitas barang serta penumpang. 
Hingga Juli 2013, progres pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) telah mencapai 70 persen untuk sisi darat dan diperkirakan pada Desember tahun ini dapat realisasinya bisa mencapai 95 persen. 
Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain saat jumpa pers dengan sejumlah media cetak dan elektronik di ruang Sekprov Kaltim Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (20/8).
Zairin menjelaskan, untuk sisi darat ini seluruhnya menggunakan pendanaan dengan pembayaran atau pembiayaan tahun jamak (multi years contracts) yang terbagi dalam tiga paket yaitu Paket I, II dan III. 
Kegiatan paket I hingga III ini diantaranya terdiri atas pengerjaan perumahan pegawai, mess, kantor pengelola, ruang kontrol, ruang tunggu penumpang, ruang vviv, terminal yang mencapai 14.000 meter persegi dan lain-lain.
Pembebasan akses masuk dari jalan raya menuju Bandara telah dilakukan negosisasi terhadap 12 rumah milik warga di pinggir jalan untuk kelengkapan administrasi dalam pembayaran.
“Jika 12 rumah ini telah dibebaskan, keberadaan BSB dari jalan raya Samarinda-Bontang ini dapat terlihat jelas oleh pengguna jalan yang melintas,” ujarnya.
Sementara pada pengerjaan sisi udara, walau telah mendapat persetujuan DPRD Kaltim untuk pendanaan melalui APBD Kaltim, namun Pemprov Kaltim masih menunggu partisipasi swasta untuk ikut dalam pembangunan Bandara ini.
Dijelaskan, walau dapat menggunakan anggaran daerah sendiri namun  berdasarkan peraturan Kerjasama Pemerintah dan Swasta, diharapkan ada partisipasi swasta yang ikut berperan. 
“Setelah, Bakrie Capital dianggap meragukan, namun Panin Group telah menyatakan minat untuk mebangun sisi udara.  Doakan saja bisa cepat terealisasi," ucapnya.(yul/hmsprov)
 
Berita Terkait