Siswa Jangan Khawatir Hadapi UN

Jelang UN 2013/2014 di Kaltim  

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kaltim H Musyahrim mengimbau seluruh siswa, baik SD, SMP, SMA dan SMK agar tidak merasa khawatir berlebihan atau takut menghadapi Ujian Nasional (UN), karena yang diujikan merupakan pelajaran sehari-hari.

Jika siswa sudah merasa takut sebelum UN, hal itu yang justru  berdampak pada mental yang tidak stabil, sehingga berpengaruh ketika menjawab soal UN.  “Jadi anggaplah UN seperti ujian sekolah biasa atau sama dengan try out,” kata Musyahrim di Samarinda, Senin (17/3).

UN adalah kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sehingga tidak ada hal yang istimewa. Karena itu siswa juga diminta tidak merasa takut, apalagi takut yang berlebihan.

Apalagi sebelum menghadapi UN, para siswa juga sudah mengikuti try out. Kesempatan itu harus menjadi pengalaman sebelum menghadapi UN. Musyahrim yakin bahwa seluruh siswa telah siap menghadapi UN karena masing-masing sekolah sudah mempersiapkan sejak dini. Selain try out juga sudah dilakukan tes daya serap dan berbagai kegiatan lain untuk mempersiapkan mental agar siswa terbiasa mengerjakan soal-soal ujian.

“Diharapkan pula orang tua tidak menekan anak secara berlebihan dengan berbagai ancaman. Ancaman semacam ini justru akan membuat mental siswa jatuh sehingga akan berdampak pada kurangnya konsentrasi saat mengerjakan soal,” jelasnya.

Hal yang seharusnya dilakukan orang tua adalah memberikan motivasi dan mengajak anak untuk belajar bersama, bertukar informasi dan mengajak anak untuk berdiskusi sehingga anak merasa mendapat perhatian dari orang tua.

Jumlah peserta UN untuk SMP, MTs, SMP Terbuka, SMPLB, SMA/MA, SMALB dan SMK di Kaltim pada tahun ajaran 2013/2014 mencapai 88.078 yang tersebar di 1.213 sekolah di Kaltim. 

Rinciannya adalah peserta UN untuk SMA/MA/SMALB sebanyak 19.389 siswa baik dari sekolah negeri maupun swasta yang tersebar di 10 kabupaten dan kota. Kemudian dari peserta SMK sebanyak 19.684 siswa, dan peserta dari SMP dan yang sederajat mencapai 49.005 siswa baik negeri maupun swasta.

UN untuk SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta secara serentak akan digelar pada 14 hingga 18 April 2014, kemudian pelaksanaan UN SMP 5-8 Mei 2014, dan Ujian Sekolah (US) SD pada 19-21 Mei 2014. (jay/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur  Dr H  Awang Faroek Ishak bersama Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim bersama sejumlah siswa SMA Negeri 1 Samarinda saat meninjau pelaksanaan UN tahun lalu.(dok/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation