Siswa Kaltim Raih The Best of Experimant

Siswa Kaltim Raih The Best of Experimant

 

SAMARINDA–Kemampuan dan daya saing siswa Kaltim ternyata cukup tinggi di tingkat nasional. Hal ini dibuktikan Kaisan Tsabit siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ibnu Umar Balikpapan meraih medali emas sekaligus dinobatkan sebagai The Best of Experiment.

Prestasi tertinggi tingkat nasional ini ditorehkan siswa madrasah Kota Beriman itu pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2014 di Makassar Sulawesi Selatan yang diselenggarakan Kementerian Agama RI pada 25-29 Agustus 2014.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kaltim H Saifi, prestasi membanggakan Kaltim ini patut diakui sebab siswa MI Ibnu Umar Balikpapan ini telah mampu menyisihkan siswa dari 32 provinsi lainnya di Indonesia.

“Kaisan Tsabit telah mampu membawa harum nama Kaltim. dia selain meraih medali emas untuk bidang studi lomba sains juga dinobatkan The Best of Experiment,” kata Saifi didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Hj Itty Rukiyah, Jumat (5/9).

Dijelaskan Saifi, pihaknya terus berupaya memberikan dorongan terhadap satuan pendidikan untuk peningkatan kemampuan siswanya. “ Kami sangat mendukung komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak dalam meningkatkan kompetensi SDM Kaltim,” jelasnya.

Disebutkan Saifi, selain Kaisan Tsabit terdapat lima pelajar lainnya asal Kaltim telah meraih prestasi dan memperoleh medali perunggu. Masing-masing, Tegar Wahyu Pringgodari siswa MI Ma’arif NU 001 Samarinda untuk bidang studi lomba Matematika.

Choiriya Azzahra siswi MTs Asy Syifa Balikpapan mata lomba Fisika dan Nur Athiyah Amini siswi MTs Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau mata lomba Biologi serta Dian Ayu Sandra siswi MTs Negeri Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara bidang lomba Matematika.

Termasuk Annisa Khaerani siswi Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan untuk mata lomba studi Biologi. “Kami mengirimkan sebelas anak untuk mengikuti ajang KSM nasional di Makassar namun yang meraih prestasi enam siswa,” jelas Saifi.

Dikemukakan Kanwil Kemenag Kaltim bahwa para pelajar yang diikutkan dalam ajang dua tahunan dan yang pertama tingkat nasional diselenggarakan di Makassar ini merupakan hasil seleksi tingkat kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara.

Seleksi tingkat provinsi dilaksanakan selama tiga hari pada 25-27 Juli dan diikuti 85 peserta dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara. “Seleksi berjenjang di tingkat sekolah sebagai pemenang di kabupaten/kota hingga provinsi menghasilkan sebelas terbaik,” sebut Saifi.

Terhadap prestasi anak-anak Kaltim ini Saifi berharap agar Pemprov memprioritaskan generasi berprestasi ini memperoleh Beasiswa Kaltim Cemerlang. “Kami berharap anak-anak ini sebagai aset daerah diberikan bantuan biaya pendidikan hingga perguruan tinggi,” harap Saifi.

Perwakilan Kaltim lainnya yang belum meraih juara yakni Ayu Kartika siswi Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Samarinda, Siti Mariyam siswi MAN Tanah Grogot Paser, Nur Hasanah siswi MAN Babulu PPU, Ommi Sri Suryaningsih MA Al Ikhlas Nunukan dan Afwan Azizi siswa MAN 2 Model Samarinda.

Para peraih penghargaan ajang KSM di Makassar diberikan medali dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp8 juta untuk medali perunggu, sedangkan peraih medali emas mendapatkan Rp15 juta plus gelar The Best of Experiment sebesar Rp17 juta.(yans/sul/hmsprov)

///Foto berita kaki:  Kaisan Tsabit (tengah)(ist).

 

Berita Terkait
Government Public Relation