Siswa SPPN Samarinda Lulu 100 Persen

Kaltim Beri Perhatian Penuh Pada Sektor Pertanian

SAMARINDA – Kelulusan bukanlah merupakan langkah akhir, tetapi merupakan awal bagi para siswa dan siswi untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Pemprov Kaltim memberikan dukungan melalui pemberian beasiswa.

Demikian dikatakan Kepala Dinas  Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim saat  menghadiri pengukuhan  90 siswa Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri (SPPN) Samarinda Angkatan 46 Tahun Ajaran 2012/2013 di Samarinda, Sabtu (31/5).

Ibrahim menyampaikan keseriusan Pemprov Kaltim membangun dan meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan diwujudkan dengan pemberian beasiswa untuk berbagai jenjang. Tidak terkecuali untuk bidang pertanian, beasiswa yang diberikan sangat besar dan terbuka bagi semua anak-anak di daerah ini.

Salah satu beasiswa yang diberikan Pemprov Kaltim adalah untuk  belajar  di Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian di Subang dan Politeknik Agroindustri Sang Hyang Seri di Sukamandi Jawa Barat dengan bidang studi pertanian, perikanan dan peternakan.

”Saya berharap semua beasiswa yang disediakan dimantaafkan para lulusan SPP Samarinda, sehingga ilmu yang didapat akan berguna kelak,” ujarnya.

Pada pesannya agar para siswa yang lulus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan yang tidak kuliah jangan berpikir menjadi PNS tetapu jadilah pengusaha yang andal dibidang pertanian.

"Mereka sudah memiliki ilmu berbagai ketrampilan pertanian, sehingga bisa memgembangkan ilmu pertanian dengan konsep terpadu kepada masyarakat," ujarnya.
  Selain itu pasca migas habis sektor pertanian akan menopang perekonomian di Kaltim, sehingga jangan ragu para oramng tua untuk menyekolahan anaknya di SPP, karena selama manusia masih hidup pasti perlu makan sehingga pertanian akan terus berkembang dengan berbagai teknologi modern.

Terkait penerimaan siswa baru di SPP ada kebijakan baru pada penerimaan siswa di utamakan pada  sentra-sentra pertanian di kabupaten di Kaltim, khususnya pedesaan, hal ini untuk mencetak generasi pertanian andal juga menjawab kekurangan tenaga pertanian yang saat ini semakin berkurang.

Sementara itu,  Kepala Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri  (SPPN) Samarinda, Hj. Marfiatun mengatakan sekolah yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim ini memiliki visi mencetak sumber daya manusia bidang pertanian yang profesional, berjiwa enterpreneurship  dan mandiri serta berwaasan global.
  Pada kelulusan angkatan 46 tahun ajaran 2012/2013, 90 siswa lulus seratus persen terdiri dari  jurusan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura  yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya dengan memanfaatkan fasilitas beasiswa yang ditawarkan Pemprov Kaltim, sehingga nantinya seluruh ilmu yang didapat berguna bagi masyarakat sekitarnya.(sar/es/hmsprov).

////FOTO :  Kepala Dinas  Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim member ucapan selamat kepada sejumlah lulusan SPPN Samarinda.(sarjono/humasprov)

Berita Terkait