Situasi Keamanan Harus Tetap Dijaga

Pasca Pemilukada Gubernur dan Wagub Kaltim

SAMARINDA-Komandan Korem 091 Aji Suryanata Kesuma (ASN) Brigjen Gadang Pambudi berharap kepada seluruh masyarakat Kaltim agar menjaga situasi keamanan daerah setelah berakhirnya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim periode 2013-2018.     
“Saya berharap situasi yang aman ini dapat terus dipertahankan. Karena mulai dari awal pelaksanaan pemilukada, kondisi keamanan di Kaltim sudah sangat kondusif,” kata Gadang Pambudi usai rapat pleno terbuka penyusunan berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan calon pasangan terpilih Pilgub Kaltim periode 2013-2018 di Samarinda, Rabu (18/9).
Meski perhitungan suara telah berakhir, diharapkan masing-masing calon dapat menghargai dan menerima hasil tersebut. Jika memang ada gugatan dan keberatan dalam hasil tersebut, diharapkan tidak menimbulkan konflik di masyarakat.  Kalaupun ada, proses gugatan harus tetap berjalan dengan baik. Namun demikian, keamanan dan ketentraman masyarakat juga harus dijaga.
“Yang jelas kami dari TNI siap membantu mengamankan kondusifitas Kaltim. Jika memang ada yang melakukan pelanggaran dan mencoba mengarah pada konflik di masyarakat, maka kami siap mengamankan,” tegas Danrem.
Seperti diketahui, pada Rapat Pleno Terbuka penyusunan berita acara, rekapitulasi perhitungan suara di tingkat provinsi dan penetapan calon terpilih Gubernur/Wakil Gubernur Kaltim, Rabu (18/9), pasangan Awang Faroek-Mukmin Faisyal ditetapkan sebagai calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2013-2018 dengan peroleh suara 644.887 (43,02%).
Di tempat kedua psangan Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni dengan 545.638 suara (36,40%) dan di tempat ketiga pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex memperoleh 308.572 suara (20,58%).(jay/hmsprov)

//Foto: SUKSES PILGUB. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Danrem 091/ASN Brigjen Gadang Pambudi seusai Rapat Pleno Terbuka penyusunan berita acara, rekapitulasi perhitungan suara di tingkat provinsi dan penetapan calon terpilih Gubernur/Wakil Gubernur Kaltim, Rabu (18/9). (fajar/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait