Situs Sejarah Sumur Minyak Pertama Louise 1 Jadi Obyek Wisata

dok.humaskaltim

SANGA SANGA - Dari rangkaian Peringatan 73 Tahun Perjuangan Merah Putih Sanga Sanga, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah serta Manajemen Pertamina di Sanga Sanga meresmikan situs sejarah Louise 1 ditandai dengan pemotongan pita merah putih, Sanga Sanga Kutai Kartanegara, Senin (27/1/2020).

Hadi meminta PT Pertamina bisa mengembangkan dan mempertahankan situs sejarah tersebut. Bahkan, jika perlu menjadi obyek wisata di Sanga Sanga.

"Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah melestarikan situs sejarah ini. Diharapkan dikembangkan jadi obyek wisata. Selain Museum Perjuangan Sanga Sanga juga ada Situs Sejarah Sumur Minyak Pertama di Sanga Sanga," kata Hadi Mulyadi.

Menurut Hadi, jika situs ini dikembangkan dan dirapikan, diyakini Sanga Sanga dapat menjadi kota yang hebat, karena memiliki situs sejarah yang dapat dijadikan obyek wisata nasional.

"Artinya, ini bisa menjadi kenang-kenangan rakyat Sanga Sanga bersama Pertamina," jelasnya.

Diketahui 20 Februari 1897 pertama kali sumur Louise 1 di Sanga Sanga menyemburkan minyak. Karena itu, sumur tersebut dikenal dengan sumur minyak pertama di Sanga Sanga.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait