SKOI Kaltim Peringkat 3 Besar
Kejurnas PPLP di Banyuasin
 
SAMARINDA - Kontingen Kaltim yang diwakili para pelajar Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim berhasil meraih posisi ketiga pada Kejurnas Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.   
Kaltim meraih peringkat 3 besar, setelah mampu meraih 6 emas, 15 perak, 6 perunggu. Prestasi ini diraih berkat perjuangan keras 14 atlet SKOI Kaltim yang diturunkan dalam kejuaraan tersebut. 
14 atlet tersebut, terdiri dari 6 atlet renang, 4 atlet tenis meja dan 4 atlet tenis lapangan. Selama dua hari pertandingan, atlet renang Kaltim berhasil menjadi penyumbang medali terbanyak. Atlet  yang diturunkan adalah Mega Asri, Novi Ade Suryani, Mieske, Kartini, Amelia Nifsya dan Febriana Gunawan. Para atlet renang ini menyumbangkan  4 emas, 14 perak dan 6 perunggu.  
Sementara tenis lapangan yang hanya mempertandingkan nomor tunggal putra dan putri kelompok umur (KU), atlet tenis SKOI Kintan Pratiwi berhasil menyabet medali emas di KU–14 tahun. Sedangkan 1 emas dan 1 perak diraih atlet tenis meja di nomor ganda putra pasangan Habibie Wahid dan Syafril Setiawan yang mampu menyingkirkan atlet SKO Ragunan dan Jatim. Sedangkan pasangan ganda putri Novi dan Winda harus puas mendapat medali perak setelah dikalahkan pasangan Jatim. 
Kejuaraan Nasional antar PPLP dan SKO dilaksanakan sejak 2–5 Juli 2013. Kejurnas diikuti 284 atlet dari 11 daerah, yakni Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, SKOI Kaltim, SKO Ragunan, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Yogyakarta, Riau dan Gorontalo. 
Kejurnas PPLP/SKO tersebut mempertandingkan 4 cabang olahraga yakni Tenis Meja, Bulutangkis, Renang, dan Tenis Lapangan. 
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Sigit Muryono didampingi Kepala SKOI Kaltim Agustianur mengaku bangga atas prestasi para atlet SKOI Kaltim ini. 
“Kita hanya mengirim 14 atlet minus atlet bulutangkis. Tetapi kita mampu meraih peringkat 3 besar. Saya sangat berterima kasih dan bangga kepada atlet dan pelatih yang telah berjuang mengharumkan nama daerah,” kata Sigit Muryono di Samarinda, Minggu (7/7).  
Menurut dia, prestasi ini tak lepas dari peran serta dan dukungan Pemprov Kaltim dalam mempersiapkan prestasi olahraga. “Gubernur Awang Faroek Ishak telah bertekad untuk terus memajukan prestasi olahraga di Kaltim dan SKOI merupakan ide cemerlang beliau yang telah memberikan bukti dan catatan yang membanggakan,”  tegas Sigit. (jay/hmsprov)
 
Foto: Atlet SKOI Kaltim menerima medali. (ist).
 
Berita Terkait