SKOI Kaltim Terima Siswa Baru

SAMARINDA - Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim menerima siswa baru untuk tahun pelajaran 2013/2014, untuk jenjang SMP dan SMA di Kaltim, terutama atlet yang masih berstatus pelajar untuk jenjang tersebut.
Pengumuman dan pendaftaran untuk penerimaan siswa baru dilakukan sejak 1-29 April. Guna mengetahui sejumlah pesyaratan pendaftaran, calon siswa dapat melihat pengumuman melalui  website Dispora Kaltim, yakni www.disporakaltim.info  atau baliho hingga pemberitahuan kepada masing-masing KONI Kabupaten/Kota.
"Jumlah penerimaan siswa  tahun ini, 43 orang yang terdiri untuk jenjang SMA 21 siswa dan SMP 22 siswa," kata Kepala UPTD SKOI Kaltim Agustianur, di Kantor Dispora Kaltim Samarinda, Kamis (18/4).
Jumlah penerimaan siswa baru kali ini, disesuaikan dengan jumlah siswa yang akan keluar yang tahun ini mengikuti ujian nasional.
Menurut dia, syarat untuk masuk SKOI tidak sulit, yakni yang terpenting adalah calon siswa dinyatakan lulus dari sekolah dan memiliki keahlian dalam masing-masing cabang olahraga (Cabor) yang masuk dalam pembinaan sekolah tersebut. Bahkan, calon siswa yang memiliki prestasi olahraga layak masuk di sekolah ini.
Cabor yang masuk dalam pembinaan SKOI mencapai 20 cabang olahraga, yakni Karate, Kempo, Taekwondo, Judo, Anggar, Atletik, Gulat, Senam, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Wushu, Pencaksilat, Sepatu Roda, Balap Sepeda, Renang, Panjat Tebing, Panahan, Catur, Angkat Besi dan Layar.
“Calon siswa yang akan masuk di sekolah ini tidak dipungut biaya, yakni semua biaya pendidikan ditanggung pemerintah daerah. Jadi, kami berharap siswa yang masuk di SKOI mampu meraih prestasi membanggakan daerah, baik tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.
Menurut dia, siswa yang diterima tidak hanya dari  wilayah perkotaan saja, melainkan juga dari kawasan perbatasan. Asalkan, memenuhi syarat masuk SKOI. Contohnya, telah menjadi atlet dan memiliki prestasi.
“Pendaftaran tidak dipungut biaya. Bahkan, bagi peserta yang mendaftar dari wilayah utara, bisa menginap di Asrama Atlet beberapa hari untuk mengikuti ujian masuk,” jelasnya.(jay/hmsprov).
 

Berita Terkait