SKOI Terima Siswa Baru

SKOI Terima Siswa Baru

SAMARINDA-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Sigit Muryono mengatakan awal Mei ini Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) membuka pendaftaran penerimaan siswa baru (PSB) bagi seluruh pelajar yang lulus Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dengan jumlah kuota sebanyak 500 siswa untuk jenjang SMP dan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

“Sesuai arahan gubernur, maka hal ini telah kami sampaikan kepada 34 Pengurus Provinsi Cabang Olahraga (Cabor). Bahkan kami sudah dua kali melakukan pertemuan, termasuk bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Kaltim. Diharapkan kuota tersebut bisa terpenuhi,” kata Sigit Muryono didampingi Kepala UPTD SKOI Kaltim Agustianur di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (9/5).

Seleksi siswa yang berhak masuk SKOI menjadi tanggungjawab Pengprov Cabor. Karena, pengurus cabor yang mengetahui kondisi atlet pelajar yang akan diterima. Untuk diketahui, syarat untuk masuk SKOI, antara lain memiliki bakat atau talenta di masing-masing cabor yang diikuti dan harus memiliki prestasi minimal pada even tingkat daerah, serta bersedia diasramakan.

“Tentu ini menjadi tantangan manajemen SKOI untuk menarik siswa baru, terutama yang mau diasramakan. Meski demikian, selama enam bulan setelah diterima, seluruh siswa masih menjadi tanggungjawab Pengprov Cabor untuk membina di masing-masing daerah. Mereka mulai masuk asrama direncanakan pada awal 2015,” jelas Sigit.

Menurut dia, terkait syarat-syarat yang ditentukan menjadi tanggungjawab manajemen SKOI Kaltim untuk meyakinkan seluruh orang tua siswa agar bersedia anak mereka diasramakan. SKOI memberikan fasilitas sarana dan pra sarana penunjang, sehingga para siswa mampu menjalani proses belajar di sekolah dengan baik. 

“Pendaftaran ini kami lakukan sejak awal Mei hingga akhir Mei. Jika memang belum mencukupi kuota, tentu akan dilakukan seleksi kembali, sehingga mencukupi kuota tersebut. Namun apabila melebihi kuota, tentu akan ada sistem degradasi yang akan dilakukan selama seleksi untuk mencukupi kuota,” jelasnya.

Hingga saat ini ada beberapa Pengprov Cabor yang telah menyampaikan data siswa yang diterima, antara lain bulutangkis, gulat, squash dan tarung drajat. Diharapkan seluruh Pengprov Cabor bisa segera menginformasikan data siswa yang berhak masuk SKOI Kaltim. (jay/sul/hmsprov)

Foto : Gubernur bersama para siswa SKOI. (dok/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation