SKPD Harus Rajin Blusukan

Wujudkan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan agar Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lebih rajin turun ke lapangan melakukan blusukan untuk bertemu masyarakat, sehingga program pembangunan benar-benar mampu dapat menjawab kebutuhan masyarakat. 

Dengan cara tersebut, maka masyarakat akan menilai bahwa pemerintah betul-betul bekerja. Misal, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, dapat melihat bagaimana kondisi pertanian di daerah. Kemudian Dinas Pekerjaan Umum, dapat melihat bagaimana kondisi jalan yang rusak apakah sudah baik atau tidak. Sehingga, kepercayaan masyarakat dapat lebih baik kepada pemerintah.

“Sikap ini penting dilakukan. Karena, arti dari blusukan ini adalah bagaimana setiap SKPD dapat sering turun ke bawah, untuk melihat kondisi yang dialami masyarakat. Misal, dari Dinas Pendidikan, dapat melihat mana sekolah yang rusak dan mana sekolah yang tidak ada gurunya. Kemudian, Dinas Pertanian dapat melihat bagaimana kondisi petani di daerah, di mana yang kekurangan pupuk atau tidak.

Dengan demikian, pemerintah bisa mengetahui lebih riil kondisi masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak usai penyerahan SK kenaikan pangkat bagi PNS di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkab/Pemkot se-Kaltim periode Oktober 2014, yang juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat tanda lulus ujian penyesuaian ijazah PNS Pemprov Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (20/9).

Dari hasil turun ke lapangan tersebut, diharapkan dapat disampaikan kepada gubernur, sehingga gubernur dapat memberikan keputusan apa yang harus dilakukan.          Karena itu, diharapkan seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim wajib turun ke lapangan. Diakuinya, memang sudah ada kepala SKPD yang aktif turun ke lapangan, tapi tidak sedikit yang masih jarang turun ke lapangan. “Yang jelas selama setahun ini sudah banyak SKPD yang telah melakukan turun ke lapangan. Contoh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan. Tetapi, yang lain masih banyak yang belum. Tetapi, tetap harus dipacu untuk lebih semangat. Saya menyarankan semua SKPD wajib turun ke lapangan dan itu akan saya nilai kinerjanya,” tegas gubernur. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation