SKPD Pemprov Kaltim Kompak

Jelang TTG-N XVI 2014

SAMARINDA- Asisten Bidang Pemerintah Aji Sayid Fatur Rahman mengatakan jelang pelaksanaan gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG-N) XVI 2014 di Bumi Etam Kaltim, Pemprov Kaltim siap melaksanakan dengan baik.

Mulai dari tempat pelaksanaan pembukaan dan penutupan, penginapan, akomodasi hingga lokasi pameran yang akan dilaksanakan telah disiapkan dengan baik. “Rencana pelaksanaan akan digelar sejak 18-23 Juni tahun ini. Pelaksanaan akan dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Pembukaan dan penutupan, rencana akan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Stadion Madya Sempaja Samarinda pada 19 Juni oleh Presiden RI dan penutupan pada 23 Juni oleh Mendagri,” kata Fatur Rahman di dampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi di sela-sela rapat koordinasi persiapan jelang pelaksanaan TTG-N XVI 2014 Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (11/3).

Dalam pelaksanaan tersebut, rencana akan dilaksanakan welcome party oleh Gubernur Kaltim, Pameran TTG, Lokakarya TTG dan Widyawisata TTG.Dia mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan tersebut adalah sebagai salah satu upaya strategis penyebarluasan informasi tentang TTG di perdesaan yang mampu memberikan nilai tambah pada masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai forum untuk menggali gagasan dan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan pemasyarakatan TTG di perdesaan.

“Melalui pelaksanaan ini, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan kemajuan TTG perdesaan, sehingga mampu menciptakan kemandirian bagi masyarakat di daerah, terutama di perdesaan,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti TTG diperkirakan mencapai 7.000 peserta termasuk pendamping dari 49 Provinsi se Indonesia. Sementara itu, Direktur SDA dan TTG Ditjen PMD Kemendagri Yulianti berkeyakinan bahwa Kaltim pasti siap melaksanakan TTG-N XVI. Apalagi Kaltim kerab melaksanakan even tingkat nasional, baik PON hingga Penas KTNA.

“Saya melihat SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Kaltim sangat kompak. Karena  itu, saya yakin Kaltim bisa melaksanakan kegiatan ini,” jelasnya.

Pelaksanaan rencana akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun hal itu akan dikonsultasikan terlebih dulu, sesuai hasil rapat koordinasi yang terus dilakukan Panitia Provinsi dan Pusat, sehingga dapat dilaporkan secara tertulis dan disampaikan ke Mendagri yang selanjutnya disampaikan ke Presiden SBY.

Meski demikian, jika melihat koordinasi yang selalu dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama jajaran Pemprov Kaltim ke Mendagri dan Presiden, dipastikan Presiden akan hadir pada pembukaan tersebut.

“Saya yakin Presiden pasti datang. Apalagi melihat kesiapan panitia di daerah yang sudah terencana dengan baik,” jelasnya.

Dari pelaksanaan tersebut, diharapkan Kaltim mampu menampilkan karya terbaik kepada seluruh peserta. Misal, kerajinan-kerajinan tangan maupun masakan khas di daerah, sehingga hal itu dapat diangkat secara nasional.(jay/hmsprov)

//Foto Asisten Bidang Pemerintah Aji Sayid Fatur Rahman memberi arahan pada rapat koordinasi persiapan jelang pelaksanaan TTG-N XVI 2014 Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (11/3).(fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait