SMAN 1 Samarinda Wakili Kaltim Tingkat Nasional

Lomba Debat Bahasa Inggris se Kaltim dan Kaltara

SAMARINDA-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Samarinda terpilih sebagai pembicara terbaik (the best speakers) dalam Lomba Debat Bahasa Inggris se-Kaltim dan Kaltara yang diikuti seluruh perwakilan SMA di kabupaten/kota. Setelah menjadi menjuarai even itu, maka SMA 1 Samarinda berhak menjadi wakil Kaltim dan Kaltara untuk mengikuti lomba serupa tingkat nasional yang dilaksanakan 19-22 September 2014 di Provinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh kabupaten/kota yang telah mengirimkan peserta didik mereka untuk berkompetisi pada ajang ini. Lomba ini diharapkan dapat mengasah kemampuan dan wawasan peserta didik di masing-masing kabupaten/kota agar ke depan bisa bersaing dan meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Kantor Disdik Kaltim, Selasa (12/8).

Musyahrim mengingatkan agar bagi mereka yang belum berhasil meraih juara tidak berkecil hati, karena kesempatan tersebut masih ada di tahun-tahun selanjutnya. Karena, program lomba ini akan selalu dilaksanakan Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah sejak dini.

Menurut dia, peserta yang terpilih sebagai wakil Kaltim adalah yang memang dinilai terbaik dalam berkomunikasi dengan juri dan peserta yang lain selama tiga babak penyisihan pertama. 

“Karena yang dicari untuk mewakili Kaltim di tingkat nasional adalah the best speakers, maka apa yang telah menjadi penilaian juri itulah yang patut diterima. Dengan demikian, kami berharap peserta yang terpilih dapat membawa nama daerah ini dengan baik di tingkat nasional,” jelasnya.

Sesuai ketentuan dari juri, maka untuk babak semi final dan final penilaian terhadap siswa selama proses lomba sudah tidak dihitung. Dengan demikian, berdasarkan hasil kesepakatan dengan peserta dan pendamping lomba, bahwa yang berhak mewakili Kaltim dan Kaltara adalah perwakilan SMAN 1 Samarinda yang terdiri dari Yolanda Chailani, Marina Tandarto dan Virhans Dipa Alanso. Lomba ini dilaksanakan pada 6-9 Agustus 2014. 

"Alhamdulillah semua perwakilan dari Kaltim dan Kaltara ikut berlomba sehingga persaingannya sangat ketat," (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait