SMAN 1 Tenggarong sabet Juara Favorit Chemist Fun Day se-Kaltim dan se-Kaltara Samarinda

SAMARINDA – SMAN 1 Tenggarong  menyabet  Juara Favorit Chemist Fun Day se-Kaltim dan se-Kaltara Samarinda. Sekolah ini keluar sebagai juara pada gelaran Chemist Fun Day (CFD) 2014 mulai 3 sampai 6 Februari di Auditorium Unmul Samarinda dengan penyelenggara Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Unmul. SMAN 1 Tenggarong,berhak meraih golden tiket tanpa melewati babak penyisihan pada Chemist Fun Day (CFD) tahun depan.

SMAN 1 Tenggarong berhasil memperoleh poin juara tertinggi disetiap kategori yakni Olimpiade Kimia juara 1, Cepat Tepat Kimia Juara 2 dan 3.Guru Kimia SMAN 1 Tenggarong sebagai pembina mengatakan, persiapan para siswa sudah mulai dibina sejak setahun lalu."Dalam seminggu  jam tambahan belajar kimia bisa 2 sampai 3 kali dalam latihan diikuti, 6 orang kesemuanya kelas 3 SMA kini berhasil meraih juara umum, kegiatanya mengerjakan soal seetelah  pulang sekolah,” kata seorang guru.

Pada CFD 2014 yang diikuti 500 peserta berlangsung sengit hingga peserta yang berhasil masuk final  sebanyak 170 peserta di 4 Kategori, yakni olimpiade Kimia tingkat SMA dan SMK, lomba karya tulis  Kimia, Cepat Tepat Kimia, maupun Cerdas Cermat.

Adapun Hasil CFD 2014 yakni : Olimpiade Kimia Tingkat SMA juara 1 diraih Gita Permatasari dari A SMAN 1 Tenggarong, Juara 2 Wandi Kasim dari SMAN 10 Samarinda, Serta  Khafidhotun Naimah dari SMAN 1 TenggarongKemudian Olimpiuade Kimia tingkat SMK, Juara 1 diraih Muhammad Irfan, juara 2 Wahyuni keduanya SMK Farmasi Samarinda, Juara 3 dari SMKN 7 Samarinda.

Untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Kimia  Juara satu berhasil dimenangkan tim SMA YPVDP BontangJuara II dimenangkan tim MAN 2 Samarinda, Juara III dari tim SMK Farmasi Samarinda.Berikut juara Cepat Tepat Kimia juara 1 diraih SMAN 10 Samarinda, juara 2 diraih SMA 1 Tenggarong A, Juara 3 SMA 1 Tenggarong, serta Juara Harapan SMA YVDP Bontang.

Staf  Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Bohari Yusuf mewakil Gubernur Kaltim  yang hadir pada pembukaan  dan lomba sangat merespon positif  CFD 2014. "Pemprov  sangat mendukung CFD guna meningkatkan SDM bidang pendidikan, karena pendidikan merupakan misi yang diprioritasskan di Kaltim"ujarnya..

Pembantu Dekan 3 H Masrur Yahya Mhum pada kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan CFD diselenggarakan guna memotivasi minat belajar di bidang kimia.

"Banyak yang mengatakan pelajaran kimia itu susah, dengan kegiatan CFD  merupakan upaya merubah paradigma kimia itu sulit,ilmu kimia yang kita gunakan karena hasil dari ahli bidang kimia, jadi perlu sekali untuk kita pelajari,” katanya.

Sementara Ketua Panitia dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Unmul Onisimus mengungkapkan, kegiatan Chemist Fun Day merupakan agenda tahunan."Kalau tahun sebelumnya kita selenggarakan diikuti peserta sekitar Samarinda, sekarang diikuti siswa tingkat SMA sederajat seluruh Kaltim dan Kaltara dengan  dukungan Dinas Pendidikan, sedangkan para donatur lain dari Kampus, LNG Badak, KPC,” ungkapnya.(tyo/hmsprov).

//Foto :Para juara Chemist Fun Day bidang Olimpiade Kimia tingkat SMA dan SMK se-Kaltim berfoto bersama di Auditorium Unmul. (tyo/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait