SMAN 10 Wakili Kaltim Lomba Cinta Tanah Air

SMAN 10 Wakili Kaltim Lomba Cinta Tanah Air

 

SAMARINDA-SMAN 10 Samarinda berhasil menjadi juara pertama Lomba Cinta Tanah Air yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim bekerjasama dengan Korem 091/ASN dan Kementerian Pertahanan. Sebagai juara pertama, SMAN 10 Samarinda berhak mewakili Kaltim untuk mengikuti lomba serupa tingkat nasional di Jakarta Oktober 2014.

Juara kedua lomba tersebut diraih SMAN 1 Long Kali Paser dan juara ketiga diraih SMAN 1 Kutai Kartanegara. SMAN 10 Samarinda berhasil menyisihkan 17 regu dari 10 kabupaten/kota se Kaltim.

Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim berharap siapa yang berhasil mewakili Kaltim ke tingkat nasional dapat membawa nama baik daerah agar lebih baik, sehingga Kaltim juga dapat diperhitungkan di tingkat nasional.

“Curahkan seluruh kemampuan terbaik kalian untuk menjadi yang terbaik. Jaga nama baik Kaltim dan buktikan bahwa siswa-siswa Kaltim juga berkualitas," kata Musyahrim, Kamis (18/9).

Musyahrim juga berharap agar rasa cinta tanah air dan pengembangan wawasan kebangsaan generasi muda dapat terus ditingkatkan. Generasi muda tidak boleh gampang terpengaruh budaya asing, terutama budaya yang tidak sesuai dengan norma masyarakat Indonesia. 

“Jadi, sangat tepat jika pembinaan seperti ini kita laksanakan. Pendidikan merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya tanggung jawab lingkungan pendidikan saja. Instansi vertikal seperti TNI dan Polri juga harus berperan mendukung pembinaan tersebut. Sehingga kita semua bisa mewujudkan generasi muda yang terampil, cerdas dan bertaqwa,” jelasnya.

Karakter bangsa adalah warisan para pendahulu Negara, sebab itu sebagai pewaris bangsa, generasi muda harus dibekali wawasan kebangsaan, sehingga karakter tersebut melekat dalam diri generasi muda. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait