SMK SPP Siapkan Generasi Bonus Demografi

Siswa SMK SPP Sempaja Samarinda sedang melakukan praktik lapangan.(dok humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian yang dikelola UPTD Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) dibawah Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) menyiapkan generasi era bonus demografi. “Kami siap menghadapi era bonus demografi dengan menyiapkan generasi terampil di bidang pertanian,” kata Kepala DPTPH Kaltim H Ibrahim, Minggu (28/1).

 

Menurut dia, generasi bonus demografi yang disiapkan pihaknya yakni lulusan sekolah kejuruan yang menguasai bidang usaha pertanian khususnya tanaman  pangan. Era bonus demografi lanjutnya, dimana masyarakat yang berusia produktif lebih banyak jumlahnya dibandingkan non produktif.

 

Karenanya, ketersediaan generasi yang terampil pada era bonus demografi sangat menentukan daya saing daerah bahkan suatu negara. Apalagi ungkap Ibrahim, pangan akan menjadi kebutuhan masyarakat dunia dan bangsa yang mampu menyediakan bahan pangan maka akan mampu menguasai ekonomi.

 

Oleh sebab itu ujarnya, UPTD SPP melalui SMK Pertanian terus mencetak generasi yang mampu menguasai tata kelola pertanian dan agrobisnis. “Di saat negara lain kesulitan pangan. Maka, kita sudah melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan generasi yang menguasai tata kelola pertanian. Apalagi, Kaltim memiliki berbagai keunggulan baik potensi kewilayahan maupun potensi lahan,”  ungkapnya.

 

Ibrahim meyakini pola pendidikan di SMK SPP mampu melahirkan para lulusan terampil dalam tata kelola pertanian modern dan siap menghadapi serta bersaing di era bonus demografi. “Pada era bonus demografi maka para lulusan SMK SPP akan mampu mengangkat ekonomi Kaltim  melalui sektor pertanian. Mulai sekarang kita bentuk SDM pertanian yang terampil dan menguasai teknologinya,” jelasnya. (yans/sul/humasprov)       

Berita Terkait
Government Public Relation