SMKN Pelayaran Kalimantan Terima Taruna Baru 2016

SAMARINDA- UPTD Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pelayaran Kalimantan yang merupakan salah satu bidang di Dinas Perhubungan Kaltim kembali menerima taruna dan taruni baru tahun ajaran (TA) 2016/2017 yang dimulai sejak akhir April-14 Juni 2016

Pendaftaran dibuka sejak pukul 08.00-16.00 wita bertempat di UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan di Jalan Batu Cermin, Samarinda Utara. Sejak dibuka pendaftaran, saat ini peserta yang sudah mendaftar sebanyak 200 calon taruna dan taruni.

“Sesuai target kami, tahun ini kuota yang dibutuhkan sebanyak 60 taruna dan taruni dengan dibagi dua jurusan, yaitu nautika dan teknika,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Hafidz Lahiya didampingi Kepala UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan Priambodo Prakoso di Samarinda, Kamis (9/6).

Menurut Hafidz sejak SMKN Pelayaran Kalimantaan dibuka 2002 hingga saat ini telah meluluskan 500 taruna dan taruni yang tersebar di dalam maupun di luar Kaltim. Mereka yang lulus dari sekolah tersebut ada melanjutkan ke perguruan tinggi dan ada pula yang tetap menjadi taruna dan taruni pelayaran dengan mengikuti pendidikan kepelayaran dipusatkan di Surabaya selama 1 tahun.

Selain itu, untuk tahun ini tes penerimaan akan dilakukan pada Juli 2016 yang terdiri dari tes tertulis, kesehatan dan psikotes serta kedisiplinan.

Diharapkan melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pelayaran dari sekolah ini, mendukung program pemerintah sesuai nawa cita pertama pemerintah, yakni memperkuat jati diri sebagai Negara maritim, khususnya di Kaltim.

“Karena itu, Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan SDM pelayaran di Kaltim. Saat ini tercatat ada 150 peserta yang telah berlayar bekerja di berbagai perusahaan asing, mulai perusahaan kargo, navigasi dan kapal minyak,” jelasnya.(jay/humasprov) 

Berita Terkait