Soal UN Sudah Didistribusikan

Prioritas untuk remote area

SAMARINDA-Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim sudah melakukan pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA, SMK, dan SMA LB tahun ajaran 2013/2014 ke kabupaten/kota se-Kaltim dan Kaltara. Distribusi diprioritaskan untuk kabupaten/kota remote area (daerah terpencil). Distribusi sudah dilakukan  sejak 1 April 2014, yakni untuk Kabupaten Malinau, Nunukan dan Kutai Barat yang merupakan daerah-daerah perbatasan dan terpencil.

“Distribusi soal UN di kawasan remote area sudah dilakukan. Bahkan kemarin informasinya sudah sampai di kabupaten/kota masing-masing yang kemudian diteruskan ke sekolah tujuan. Semua ini agar soal tidak lama berada di kabupaten/kota dan tersalurkan tepat waktu,” kata Kepala Disdik Kaltim Musyahrim didampingi Koordinator Pendistribusian Soal UN, Idhamsyah, Kamis (3/4).

Pendistribusian soal, dilanjutkan hingga H-4 atau 4 hari sebelum penyelenggaraan. Sedangkan distribusi daerah non remote dijadualkan serentak pada 7 April ini. Sedangkan wilayah terdekat seperti Samarinda dan Balikpapan dijadualkan 11 April atau H-4 penyelenggaraan UN. 

Untuk Samarinda, soal akan diserahkan ke Disdik Kota Samarinda di Jalan Biola. Termasuk naskah soal untuk Balikpapan juga akan diserahkan di Kantor Disdik Balikpapan. 

“Untuk menyukseskan penyelenggaraan UN, kami bekerjasama dengan PT POS Indonesia untuk pendistribusiannya. Panitia juga melibatkan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim dan Perguruan Tinggi (PT), yakni Unmul Samarinda untuk wilayah Kaltim dan Universitas Borneo Tarakan wilayah Kaltara,” jelas Musyahrim. 

Selain itu, panitia penyelenggara UN juga akan menjadualkan pendistribusian soal UN SMP, MTs dan SMPLB. Untuk remote area dilakukan 8–10 April dan daerah non remote dilakukan 13-15 April. Dengan tujuan agar distribusi soal tidak terhambat, sehingga soal sudah siap saat pelaksanaan.

Jumlah peserta UN dan Ujian Sekolah (US) di Kaltim maupun Kaltara mencapai 183.790 siswa baik dari SMA/MA, SMK, SLB, SMP/MTs, SD/MI hingga peserta dari paket A, B, C, dan C Kejuruan.

Rinciannya, peserta UN SMA/MA di Kaltim sebanyak 19.389 siswa dan dari Kaltara sebanyak 4.539 peserta. Untuk peserta UN SMK dari Kaltim sebanyak 19.764 siswa yang tersebar di 200 sekolah baik negeri maupun swasta, sementara peserta dari Kaltara sebanyak 2.256 siswa yang tersebar di 22 sekolah negeri dan swasta.

Peserta UN untuk SMP/MTs di Kaltim berjumlah 48.992 siswa yang tersebar di 724 sekolah, sedangkan peserta dari Kaltara terdapat 57.690 siswa yang tersebar di 159 sekolah baik negeri maupun swasta.

Sedangkan peserta Ujian Sekolah (US) dari jenjang SD/MI di Kaltim sebanyak  61.860 siswa yang tersebar di 1.820 sekolah, sedangkan peserta US dari Kaltara sebanyak 8.751 siswa yang tersebar di 305 siswa baik negeri maupun swasta. 

Sementara peserta ujian dari program kejar paket A, B, dan C di Kaltim sebanyak 4.036 warga belajar yang tersebar di 618 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sedangkan di Kaltara terdapat 1.721 warga belajar yang tesebar di 485 PKBM. 

UN jenjang SMA dan yang sederajat digelar secara serentak se-Indonesia pada 14-16 April, kemudian ujian susulan pada 22-24 April. Selanjutnya, UN untuk jenjang SMP dan yang sederajat digelar pada 5-8 Mei dan ujian susulan pada 12-16 Mei.

Sedangkan jadual ujian paket C sama dengan SMA dan ujian pake B sama dengan SMP, hanya jam yang berbeda, yakni untuk yang formal digelar pada pagi hari, sedangkan yang non formal digelar pada siang hari. (jay/sul/hmsprov)

//////FOTO : Musyahrim

 

Berita Terkait