Songsong IKN, Lulusan UT Harus Mampu Bersaing

Dok.humaskkaltim

SAMARINDA - Telah ditetapkan Provinsi Kaltim menjadi calon ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) berbagai bidang sangat diutamakan. Tak terkecuali lulusan Universitas Terbuka Kaltim (UTK) sangat diperlukan kontribusinya dan mampu bersaing dengan SDM perguruan tinggi lainnya.

"Peran UTK harus berdampak pada segala hal mencakup hampir di berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, dan politik, hingga pendidikan. Terutama dengan pindahnya ibukota ke Kaltim, maka peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan, khususnya dalam menyiapkan SDM unggul," kata Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menghadiri Wisuda Universitas Terbuka Kaltim, di Hotel Mesra Samarinda, Minggu (16/2/2020).

Peran perguruan tinggi hingga saat ini sangat diperlukan. Apalagi adanya pemindahan IKN adalah langkah maju untuk merubah kesenjangan pembangunan dan menjadikan sebaran kesejahteraan yang merata di kawasan luar Jawa.

Selain itu, di era industri 4.0 ini, tugas perguruan tinggi di Kaltim termasuk UTK untuk menghadirkan serta meningkatkan SDM lulusannya yang andal, berkualitas, kreativitas, dan inovatif guna menyongsong pembangunan IKN.

"Kita tidak ingin jadi penonton. Meski pun sejak dari dulu kita sudah jadi penonton. Karena itu, UTK harus betul-betul mencetak SDM berkualitas," tegasnya.

Nampak hadir saat itu Rektor Unmul Samarinda yang diwakili Prof Muh Amir, Rektor Universitas Terbuka Kaltim yang diwakili Profesor Hanif Nurkholis dan Direktur Universitas Terbuka Kaltim Rusna Ristasa.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait