Sosialisasi Pergub 60/2019, Pemerintah Yakin Kawasan Konservasi Dukung Kesejahteraan Rakyat


TANJUNG BATU -  Program penyelamatan kawasan konservasi pesisir dan pulau-pulau kecil Kepulauan Derawan dan Perairan sekitarnya (KKP3K KDPS) di Kabupaten Berau Provinsi Kaltim. 

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan Biro Ekonomi Setprov Kaltim melaksanakan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 60/2019 tentang rencana pengelolaan dan zonasi (RPZ) KKP3K KDPS di Kabupaten Berau Provinsi Kaltim Tahun 2019-2039.

"Sosialisasi ini penting. Agar masyarakat mengetahui kawasan-kawasan yang boleh dieksploitasi. Ada kawasan-kawasan yang dilindungi dan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan lingkungan hidup di kawasan konservasi pesisir dapat terjaga dengan baik," kata Kepala DKP Kaltim H Riza Indra Riadi di SMK Negeri 3 Perikanan Berau, Kampung Tanjung Batu Berau, Jumat (15/11/2019).

Menurut Riza, memahami Pergub ini maka masyarakat bisa bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan di KKP3K KDPS. Karena di kawasan yang sudah ditetapkan terdapat biota-biota laut yang dilindungi.

Pemerintah berharap tidak ada lagi pembangunan-pembangunan di kawasan konservasi. Contohnya, membangun jembatan untuk masuk di kawasan konservasi dengan alasan pengembangan wisata. Tentu hal ini tidak boleh terjadi.

"Kita yakin melalui dokumen yang telah ditetapkan. Akan mendukung pelestarian lingkungan kawasan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di kawasan pesisir," tegasnya.

Diperlukan dukungan semua pihak dalam memahami aturan yang telah ditetapkan.

KKP3K KDPS terbagi dua jenis kawasan. Yakni, taman pesisir seluas 151.859,57 Ha dan taman pulau kecil seluas 133.689,38 Ha dengan total 285.548,95 Ha.

Sosialisasi dirangkai diskusi dengan narasumber Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Sukendi Darmansyah dan Akademisi Fakultas Perikanan Unmul Erwiantono dimoderatori Sekretaris Dinas Perikanan Berau Yunda Zuliarsih.

Sosialisasi diikuti 150 peserta dan dibuka Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim H Nazrin mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

Hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemkab Berau Hj Dahniar Ratnawati, Kepala Bagian Produksi Daerah (Proda) Muhammad Arnain dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Berau Deni Murdiono, Camat Tanjung Batu M Tafsir dan Pj Kepala Kampung Tanjung Batu H Darwis, Wakil Kepala SMK Negeri 3 Perikanan Berau Akbarunsyah, Forkopimda Berau dan Kecamatan Derawan, LSM dàn masyarakat/nelayan Kampung Tanjung Batu. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation