SPAM Regional Disarankan Kerjasama dengan PDAM


 

SAMARINDA – Rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional  Tenggarong, Balikpapan, Samarinda dan Bontang (Tebasabo) oleh PT  Acuatico Group disarankan untuk bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Hal itu diungkapkan Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Ichwansyah pada rapat kajian pra kelayakan rencana pembangunan SPAM regional di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (12/1).

Menurut Ichwansyah, pengelolaan penyediaan air minum tersebut harus dikelola secara bisnis to bisnis.

“Program ini sebaiknya dikerjasamakan dengan PDAM setempat sebagai kegiatan usaha bisnis to bisnis, sementara pemerintah berada dalam posisi koordinasi dan fasilitasi,” katanya.

Walaupun berorientasi pada keuntungan (profit), namun Ichwansyah mengharapkan,  agar kegiatan usaha tidak mengesampingkan pelayanan publik.

Sebab, ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat dan kewajiban pemerintah untuk menyediakannya.  

Sedangkan untuk pembiayaan pembangunan SPAM terpadu ini sebaiknya dilakukan dengan kolaborasi swasta dengan APBN atau APBN murni melalui Kementerian PUPR.

“Kondisi keuangan daerah agak sulit tapi Gubernur Kaltim berharap dana APBN atau kolaborasi dengan Acuatico untuk pembangunannya dan pengelolaan nantinya kerjasama PDAM masing-masing daerah,”  ungkap Ichwansyah.

Hadir Presiden Direktur Acuatico Air Indonesia Chai Kam Cheong bersama jajaran manajemen Acuatico. Tampak pula Kepala Bappeda Kaltim H Zairin Zain dan Kepala Dinas PUPR Taufik Fauzi, staf ahli gubernur serta perwakilan kabupaten dan kota. (yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation