SPIP Mudahkan Kerja BPKP

Sa'bani

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, dengan harapan terwujud Island of Integrity di daerah ini. Mendukung itu, berbagai cara dilakukan, salah satunya bagaimana pengelolaan keuangan daerah semakin baik dan transparan. Caranya, Pemprov Kaltim memanfaatkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Sistem ini dibangun akan memudahkan pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mencatat hasil kerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

 

"Melalui sistem yang dibangun ini, akan memudahan pihak BPKP untuk mencatat hasil kerja yang dilakukan pemerintah daerah. Karena, selama ini kita biasa menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan hingga keuangan berdasarkan catatan tertulis dan menyampaikan bukti-bukti hasil pekerjaan. Karena itu, dengan sistem tersebut, ketika BPKP maupun BPK melakukan audit, akan lebih mudah mencatat dan rapi," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim M Sa'bani usai membuka Workshop SPIP se-Kaltim yang digelar Inspektorat  Provinsi Kaltim bersama BPKP Perwakilan Kaltim di Pendopo Lamin Etam, Rabu (28/3).

 

Sa'bani mengatakan, melalui sistem tersebut, maka pihak BPKP maupun BPK mudah mengakses data yang telah diberikan pemerintah daerah. Apabila, ada yang dievaluasi, maka akan cepat direvisi.  Artinya, setiap hasil pekerjaan yang dibangun pemerintah, secara langsung bisa diakses melalui sistem tersebut. Diharapkan, ke depan dengan memanfaatkan sistem ini, maka penataan dan pelaporan kerja pemerintah semakin rapi. "Kita berharap, jika penataan dan pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan dilaporkan dengan rapi melalui sistem yang telah dibangun. Semoga saja Pemprov Kaltim mampu meraih peningkatan kematangan atau maturitas sistem pengendalian intern pemerintah hingga level 3. Artinya, pengendalian intern organisasi pemerintah ini sudah rapi dan mampu meminimalisasi kekeliruan yang terjadi dalam pemerintahan," jelasnya.

 

Kepala Inspektorat Wilayah Kaltim M Sa'duddin mengatakan dari kegiatan tersebut juga akan disampaikan paparan dari perwakilan Pemkot Balikpapan dan Bontang yang saat ini sudah mencapai level 3 di Kaltim. "Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung starategi akselerasi peningkatan maturitas SPIP menuju kinerja unggul pada pemerintah daerah," jelasnya. Hadir sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, Sekda Kabupaten/Kota dan Inspektorat se-Kaltim. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation