Stadion Utama Kaltim Difungsikan Maksimal

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Stadion Utama Kaltim berlokasi Palaran harus benar-benar difungsikan untuk kegiatan membangun olahraga Kaltim untuk prestasi yang membanggakan di level nasional maupun internasional. 

"Nanti kita akan duduk bersama dengan semua stakeholder untuk membicarakan pemanfaatan Stadion Utama Kaltim di Palaran ini. Jangan sampai ada kesan kita ini pandai membangun tetapi tidak mampu merawatnya," kata Gubernur Awang Faroek Ishak di sela-sela peninjuan Stadion Palaran, Jumat lalu.

Ia menjelaskan, PSSI pernah menawarkan rencana pelatnas dengan home base di Stadion Utama Kaltim Palaran dan dirinya menyatakan siap. Begitu pun dengan usulan  pelaksanaan liga  PSSI ke stadion tersebut, gubernur sangat mendukung.

 Jika gagasan itu bisa diwujudkan maka berbagai fasilitas olahraga di kawasan itu bisa dimanfaatkan sebagai mana mestinya.

Untuk mensinergikan rencana itu, Gubernur Awang Faroek bahkan meminta walikota Samarinda agar mengarahkan pengembangan ibukota ke kawasan ini. Diantaranya dengan mengarahkan pembangunan hotel, mall dan fasilitas sosial lainnya di kawasan tersebut. Dengan cara itu, Gubernur Awang Faroek yakin, Samarinda Seberang dan kawasan stadion utama tersebut akan berkembang dengan pesat.

Semarak di Stadion Utama Kaltim diharapkan tidak terjadi hanya saat JPI maupun HSPN,  harus ada momen lain agar  stadion kebanggaan masyarakat Kaltim tersebut kian aktif dan berkembang maju.

"HUT Provinsi Kaltim nantinya  juga akan dipusatkan di Stadion Utama Kaltim Palaran. Kalau perlu dengan acara sebulan penuh," ujar Awang.

Pada awaktu yang hampir bersamaan, Kepala Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kaltim H Sigit Muryono mengatakan, saat ini Dispora telah membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) khusus untuk mengelola stadion tersebut, dengan  penunjukan kepala seksi.  

"Ketersediaan tenaga atau sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan stadion masih  terbatas, hingga hasilnya belum maksimal merawat stadion sebesar ini," ujarnya.

Ditambahkan, seiring dibangunnya gedung Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) yang  merupakan satu kesatuan pemanfaatan Stadion Utama Palaran, sehingga dengan kehadiran SKOI, dia yakin Stadion Utama Kaltim Palaran akan lebih terawat dengan baik. (sar/hmsprov).

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meninjau Stadion Utama Kaltim Palaran, (sarjono/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation