Suatang dan Bontang Kuala Juara Lomba Desa 2015

Suatang dan Bontang Kuala Juara Lomba Desa 2015

 

SAMARINDA - Desa Suatang Kecamatan Paser Belengkong Kabupaten Paser dan Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang berhasil masing-masing sebagai juara pertama lomba desa/kampung dan kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Kaltim 2015.

Juara kedua lomba desa/kampung diraih Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara dan ketiga diraih Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu PPU. Sedangkan juara kedua lomba kelurahan diraih Kelurahan Margomulyo Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan dan ketiga Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahanan Desa (BPM-PD) Kaltim M Jauhar Efendi mengatakan keputusan tersebut ditetapkan akhir September ini. Sedangkan, penghargaan maupun pemberian hadiah bagi desa dan kelurahan yang juara akan diserahkan pada puncak HUT Provinsi bersama penyerahan panji-panji keberhasilan tahun depan.

“Kami berharap hasil ini dapat memberikan motivasi bagi pemerintah desa dan kelurahan yang lain untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangan pembangunan di desa maupun kelurahan masing-masing, dengan harapan dari pengembangan tersebut kesejahteraan rakyat semakin meningkat,” kata Jauhar Efendi di Samarinda, Minggu (1/11).

Jauhar mengatakan melalui lomba ini Pemprov Kaltim akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan. Misalnya dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu.

Indikator penilaian lomba tersebut, yakni meliputi bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. 

“Pemenang lomba ini akan mewakili Kaltim di tingkat nasional,” jelasnya.

Sebelum memutuskan pemenang, tim penilai telah melakukan penilaian klarifikasi lapangan sejak 8-16 September 2015 ke masing-masing desa dan kelurahan yang telah terpilih menjadi tiga terbaik. Hasil tersebut juga sesuai penilaian presentasi peserta.

Selain itu, sebelum menjadi juara, masing-masing kabupaten/kota mengirimkan perwakilan mereka yang merupakan para juara tingkat kabupaten/kota untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri yang terdiri dari unsur Universitas Mulawarman, PKK Kaltim, Dinas Kesehatan dan BPMPD Kaltim serta LPM Kaltim.

Menurut dia, dari hasil penilaian tersebut Pemprov Kaltim dapat mengetahui desa dan kelurahan mana saja yang telah berhasil dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Secara umum perkembangan pembangunan pemerintahan desa dan kelurahan mengalami peningkatan. Termasuk adanya kepedulian kepala daerah terhadap pembangunan desa dan kelurahan di masing-masing daerah,” jelasnya.

Meski meraih juara pertama, namun diharapkan masing-masing desa yang meraih juara pertama dapat meningkatkan pembangunan yang telah dicapai saat ini. Menurut dia, sudah banyak kemajuan yang telah dicapai di masing-masing kelurahan dan desa se-Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Wakil Gubernur sebelumnya dan sekarang.

“Hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa maupun kelurahan. Untuk desa, mereka sudah memiliki RPJMDes. Termasuk pengembangan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) sebelum berakhir sudah terlaksana dengan baik,” jelasnya. (jay/sul/hmsporv)

Berita Terkait