Sukses Atlet Perlu Proses Panjang

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memuji siswa-siswa Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) Kaltim yang mampu  mengharumkan  Kaltim.
"Para siswa SKOI sudah menunjukan prestasi nasional dan internasional. Prestasi ini perlu terus kita tingkatkan untuk kebanggaan daerah dan bangsa," kata Awang Faroek Ishak, belum lama ini.
 Menurut Awang, atlet unggul dan berprestasi tidak akan muncul tiba-tiba. Karena semua memerlukan proses panjang. Sedangkan tugas pembina cabang olahraga adalah melakukan pengamatan, pemantauan dan penelusuran bakat sejak dini.  
"Jika atlet berbakat  sudah ditemukan, selanjutnya harus dibina secara berjenjang, sistematis dan berkesinambungan. Perlu  sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga dibawah bimbingan dan binaan pelatih profesional," ungkapnya.
Bukan tidak mungkin juga untuk menghadirkan pelatih-pelatih kelas dunia untuk meningkatkan prestasi atlet Kaltim.   
"Saya lebih percaya anak-anak berprestasi dididik di SKOI. Mereaka akan lebih terarah dan fokus antara berlatih secara khusus dan belajar. Selain itu, lebih bagus mencetak atlet sendiri dari pada mendatangkan atlet dari luar Kaltim," tegas gubernur.  
Menurut dia, melalui SKOI dengan cabang-cabang olahraga yang sudah terpilih, secara langsung akan memudahkan pembinaan, pengembangan dan peningkatan prestasi atlet.  
Dia berharap,  hal itu bukan hanya keinginan Pemprov, tapi harapan seluruh masyarakat Kaltim. Apalagi, komitmen itu telah menjadi kesepakatan bersama, antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang bertekad memajukan pembangunan dan pencapaian prestasi terbaik bagi dunia olahraga Kaltim.
"Apalagi saat ini kemajuan olahraga di Kaltim telah  didukung dengan ketersediaan stadion, prasarana dan sarana serta fasilitas olahraga yang terbilang lengkap dan berstandar nasional maupun internasional. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan, mengelola dan mempersiapkan atlet sebaik-baiknya," pungkas gubernur. (sar/hmsprov).

//FOTO : Sejumlah Atlet SKOI Kaltim yang membawa nama baik daerah dan Negara pada ajang olahraga tingkat dunia.(ist)
 

Berita Terkait