Sukses Penas KTNA Kaltim Dipelajari Jatim

SAMARINDA-Pemprov Jawa Timur berkunjung ke Pemprov Kaltim untuk  mengetahui kunci sukses pelaksanaan penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII di Tenggarong 2011 di Kaltim.  Hasil kunjungan ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk sukses pelaksanaan Penas KTNA XIV 2014, yang akan digelar di Kota Malang, Jawa Timur.  

“Banyak hal yang harus diperhatikan.. Tetapi, yang terpenting adalah bagaimana koordinasi antara panitia provinsi dan kabupaten/kota dengan pemerintah pusat. Termasuk untuk pembukaan dan penutupan acara,” kata Asisten Ekonomi Pembangunan Sekprov Kaltim, HM Sa’bani saat menerima kunjungan rombongan Pemprov Jawa Timur yang dipimpin Bambang Heriyanto di Ruang Tepian Kantor Gubernur Samarinda, Selasa (5/2).

Menurut dia, koordinasi yang dibangun oleh panitia di daerah, baik Pemprov Kaltim maupun Pemkab Kutai Kartanegara (sebagai tuan rumah), mulai dari kesiapan kedatangan peserta, kepulangan peserta, penginapan peserta, akomodasi peserta, transportasi peserta dan panitia pusat. Bahkan, tim kesehatan juga dipersiapkan untuk menjaga bagaimana kesehatan peserta dan panitia ketika pelaksanaan berlangsung. 

Secara teknis, harus dipahami dan ditegaskan apa yang seharusnya menjadi tanggung jawab panitia provinsi dan kabupaten agar tidak terjadi tumpang tindih atau saling menunggu pelaksanaan tugas. 

“Persiapan ini memang sangat lama kami lakukan, sejak 2009. Kami bangga jika banyak pihak yang mengakui pelaksanaan Penas KTNA di Kaltim berlangsung sukses,” aku Sa’bani. 

Selain itu, lanjut dia, mengenai pengamanan juga perlu diperhatikan. Karena hal ini berpengaruh juga terhadap penyelenggaraan pembukaan dan penutupan. Apalagi, rencana pembukaan akan dilakukan oleh Presiden Dr H Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk pengamanan tersebut, teknisnya, lanjut dia, ketika pembukaan ditangani  pihak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Termasuk, juga mengenai tanda pengenal peserta dan panitia hingga media, semua diatur oleh Paspampres yang didukung pihak Kodam 091/ASN Kaltim.

“Yang penting adalah panitia di daerah harus kompak. Harus murah senyum dan selalu melakukan koordinasi, baik dalam tahap persiapan hingga pembukaan dan penutupan penyelenggaraan,” jelasnya.

 Sementara itu, pimpinan rombongan Pemprov Jatim yang juga Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Pertanian Pemprov Jawa Timur, Bambang Heriyanto mengatakan, tujuan kunjungan ini untuk mengetahui bagaimana cara Pemprov Kaltim mampu menyukseskan pelaksanaan tersebut. 

“Kami menilai penyelenggaraan Penas KTNA di Kaltim berlangsung sukses. Lokasi demonstration plot (demplot) juga sangat bagus, sehingga menjadi nilai tambah sukses penyelenggaraan. Ini patut kami contoh. Kami mohon maaf, karena kami akan terus  berkoordinasi dengan Kaltim,” jelasnya.

Bambang mengatakan, Penas KTNA XIV di Malang akan digelar di Kepanjen, Stadion Kanjuruhan, sekitar Juni 2014. Rombongan Pemprov Jatim yang berkunjung sebanyak 21 orang. Pertemuan tersebut juga dihadiri konsultan pertanian Kaltim Prof Riyanto dan Sekjen KTNA Yadi Sofyan Noor serta beberapa Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar. (jay/hmsprov)

Foto: BERGURU KE KALTIM. Asisten Ekonomi Pembangunan Sekprov Kaltim, HM Sa’bani (kiri) memberi cindermata pada Pimpinan Rombongan Pemprov Jatim Bambang Heriyanto. (jaya/humasprov kaltim)

Berita Terkait