Sukseskan Gemar Membaca dengan iKaltim

 

Sukseskan Gemar Membaca dengan iKaltim

 

SAMARINDA - Layanan iKaltim merupakan aplikasi perpustakaan digital yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim dalam upaya optimalisasi pelayanan perpustakaan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim HM Aswin mengatakan pihaknya terus meningkatkan kapasitas dan kualitas aplikasi iKaltim agar pelayanan lebih optimal.

 

“iKaltim terus kita kelola dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas tampilan terutama menambah jumlah koleksi bacaan bagi masyarakat. Terutama upaya kita menyukseskan program masyarakat gemar dan budaya membaca,” katanya. Menurut dia, perpustakaan digital iKaltim merupakan perpustakaan yang mengelola semua atau sebagian substansi dari koleksi-koleksi dalam bentuk komputerisasi.

 

Pola pelayanan ini lanjut Aswin, sebagai bentuk alternatif atau suplemen (pelengkap) terhadap cetakan konvensional dalam bentuk mikro material yang saat ini didominasi koleksi perpustakaan. Dia menjelaskan iKaltim menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi atau membaca (meminjam) buku melalui internet. Apalagi lanjutnya, internet bukanlah hal yang sulit bagi masyarakat sebab setiap orang sudah memiliki alat komunikasi yang dilengkapi fasilitas seperti android maupun telepon seluler.

 

Karenanya, melalui layanan iKaltim diharapkan masyarakat sudah mudah untuk memperoleh informasi ataupun menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dengan membaca. “Masyarakat hanya perlu mengakses aplikasi iKaltim di telepon seluler atau android sudah bisa meminjam buku dan membaca dimanapun dan kapanpun dalam waktu tidak terbatas,” jelasnya.

 

Aswin menambahkan program Gubernur Awang Faroek Ishak untuk menjadikan Kaltim sebagai Provinsi Budaya dan Gemar Membaca maka iKaltim salah satu solusinya. “iKaltim sudah memiliki berbagai koleksi buku untuk bacaan guna menambah pengetahuan masyarakat Kaltim. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat agar lebih gemar dan meningkat budaya membacanya,” harap Aswin. (yans/sul/ri/humasprov)  

 

Berita Terkait