Sukseskan Program Dua Juta Sapi Kaltim

SAMARINDA – Program  dua juta ekor sapi Kaltim terus difokuskan kegiatannya. Namun, kesuksesan kegiatan ini tidak terlepas dari kemampuan (kompetensi) dan keterampilan para pelaku utamanya (peternak).

“Kita fokuskan peningkatan kompetensi dan keterampilan para pelaku utama (petani peternak). Hal ini penting guna kesuksesan program dua juta sapi Kaltim ke depan,” kata Kepala Dinas Peternakan  Kaltim H Dadang Sudarya.

Menurut dia, kegiatan pencapaian dua juta sapi Kaltim ini diantaranya mendatangkan sapi dari Northern Territory Australia jenis betina produktif Brahman Cross.

Untuk tahap awal lanjut Dadang,  pemerintah baik pusat maupun provinsi pada tahun lalu telah mendatangkan sebanyak 10.995 ekor Brahman Cross.

Masing-masing sebanyak 10.000 ekor bersumber dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sedangkan, sekitar 995 sapi merupakan alokasi APBD provinsi.

Sapi-sapi itu diberikan pemerintah kepada para kelompok tani (poktan) ternak khususnya di kawasan perkebunan sawit. Seperti wilayah Paser dan Penajam Paser Utara (PPU) serta Kutai Kartanegara.

“Sapi-sapi tersebut kita bagikan kepada petani peternak di kawasan sentra perkebunan kelapa sawit. Tahap awal ini integrasi sapi sawit. Namun prioritas kita tingkatkan kemampuan para peternaknya,” ungkap Dadang Sudarya. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation