Sukseskan SE2016, 5 Ribu Lebih Petugas Akan Diterjunkan

SAMARINDA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim M Habibullah  mengajak masyarakat, pelaku usaha dan unsur pemerintahan berpartisipasi menyukseskan Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang akan dilaksanakan 1-31 Mei  mendatang.

Guna menyukseskan pelaksanaaan SE 2016,  panitia penyelenggara akan menerjunkan 5 ribu lebih petugas di Kaltim dan Kaltara yang akan melakukan pencatatan seluruh kegiatan ekonomi kecuali bidang pertanian. Sebanyak 4.700 petugas akan bertugas di Kaltim dan sisanya adalah petugas survei di Provinsi Kaltara.  

"Kota Samarinda sebanyak 1.600 petugas dan sebanyak  1.400 petugas untuk Kota Balikpapan. Sebaran petugas juga melihat luas  dan jumlah penduduk yang akan dicacah," kata Habibullah. 

Menurutnya seluruh petugas yang akan diterjunkan ke lapangan harus mengikuti  pelatihan. Hal itu sangat penting agar saat di lapangan mereka benar-benar dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. 

Saat ini pelatihan sedang dilaksanakan di Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sedangkan pelatihan di Kota Samarinda baru akan digelar pada 5 April 2016. 

"Sensus ini sangat penting artinya bagi kita semua. Tidak hanya kalangan pemerintah. Tapi, juga para pengusaha. Karena itu, saya mengajak semua pihak agar membantu menyukseskan SE 2016 ini," kata Habibullah.

SE 2016 ini memiliki tujuan umum yakni mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Selain itu juga memiliki tujuan khusus yakni untuk memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakter usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

"Karena itu, untuk menyukseskan SE 2016 ini, saya meminta kepada seluruh kalangan yang akan disensus agar memberikan data-data yang akurat, benar dan jujur hingga semua pihak akan dapat memanfaatkan sensus ekonomi ini dengan baik," ujarnya. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait