Sukseskan Sensus Ekonomi di Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengajak masyarakat, pelaku usaha dan unsur pemerintahan untuk menyukseskan Sensus Ekonomi (SE) 2016 yang akan dilaksanakan pada awal Maret mendatang.

   "Tanggal 1 Maret sampai sebulan penuh akan ada Sensus Ekonomi 2016. Sensus ini sangat penting artinya bagi kita semua. Tidak hanya kalangan pemerintah. Tapi, juga para pengusaha. Karena itu, saya minta agar semua menyukseskan SE 2016 ini," kata Awang saat mengikuti panggung hiburan rakyat di halaman Kantor Gubernur Kaltim pada Sabtu (30/1) malam.

   SE 2016 ini memiliki tujuan umum yakni mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan. Selain itu juga memiliki tujuan khusus yakni untuk memberikan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, mengetahui karakter usaha di Indonesia dan mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

   "Karena itu, untuk menyukseskan SE 2016 ini, saya meminta kepada seluruh kalangan yang akan disensus untuk memberikan data-data yang akurat, benar dan jujur hingga semua pihak akan dapat memanfaatkan sensus ekonomi ini dengan baik," katanya.

   Terdapat sejumlah sektor yang akan didata yakni pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengangkutan, pendidikan dan sejumlah sektor lainnya. Sejumlah sektor itu nantinya akan dimintai beberapa keterangan data diantaranya yakni nama, alamat, kegiatan utama, badan usaha, permodalan, nilai pendapatan dan pengeluaran, kendalanya dan sejumlah data atau pertanyaan lainnya.

   "Akan ada kurang lebih 5.000 orang dari mahasiswa dan pemuda yang akan direkrut Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menjadi pencacah yang akan membantu menyukseskan sensus ekonomi," katanya.  (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation