Sultan Kutai Tepung Tawari Bandara Pranoto

Pj Sekprov Kaltim Hj Meiliana menerima cinderamata usai rapat bersama jajaran PT. Angkasa Pura I. (YUVITA/HUMASPROV)

SAMARINDA – Sultan Kutai H Aji Muhammad Salehudin bergelar H Aji Pangeran Praboe akan menepung tawari  Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda. Tepung tawar Sultan Kutai sebagai bagian soft opening bandara kebanggaan masyarakat Kota Tepian untuk menandai pengoperasian bandara tersebut.

Hal itu disampaikan Pj Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana saat rapat koordinasi terkait pengoperasian Bandara APT Pranoto di Ruang Rapat Sekprov Kaltim, Selasa (22/5). Menurut dia, tepung tawar bandara dilakukan Sultan Kutai selain sesepuh dan tokoh masyarakat Kaltim juga nama bandara diambil dari nama kerabat Kesultanan Kutai. “Nanti Sultan Kutai hadir pada soft opening Bandara APT Pranoto sekaligus tepung tawari bandara. Nama bandara diambil selain nama gubernur pertama Kaltim juga kerabat Kesultanan Kutai,” katanya.

Meiliana mengungkapkan tepung tawar merupakan adat tradisi masyarakat Kaltim bermula dari tradisi kerajaan/kerabat kesultanan agar kegiatan mendapatkan keberkahan. Dijelaskannya, Pemprov Kaltim sangat berharap keberadaan bandara yang awalnya bernama Bandara Samarinda Baru (BSB) ini memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Gubernur lanjutnya, sudah berkomitmen agar seluruh masyarakat Benua Etam ikut merasakan hasil-hasil pembangunan baik infrastruktur maupun sektor lainnya. “Pembangunan bandara baru ini, selain karena Bandara Temindung sudah tidak layak lagi, juga upaya pemerintah memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat,” ungkap Meiliana.

Selain  itu, terbangunnya bandara yang representatif diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. “Bandara yang representatif selain memberikan kenyamanan bagi masyarakat sebagai penggunanya juga diyakini akan memacu pertumbuhan ekonomi dan menarik investasi ke daerah,” ujarnya. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait