Sultan Siap Hadiri HUT Kaltim dan Lantik DPP Ikapakarti


 

YOGYAKARTA – Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan siap menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltim ke-60 yang dijadwalkan pada Senin, 9 Januari 2017. Kehadiran Sultan HB X juga akan melantik Dewan Pengurus Pusat Ikatan Peguyuban Keluarga Tanah Jawi (DPP-Ikapakarti) yang pada Sabtu, 7 Januari 2017.

Kesediaan tersebut disampaikan saat menerima jajaran DPP Ikapakarti Kaltim yang dipimpin Dr Ir Rusmadi, MS  di kediaman  Sultan HB X, pada Kamis malam (3/11),  terkait dengan pelantikan DPP Ikapakarti dan undangan Pemprov Kaltim kepada Sultan untuk menghadiri puncak Peringatan HUT Kaltim ke-60.

Sultan HB X juga menyatakan siap menjadi salah satu pelindung dalam  jajaran kepengurusan DPP Ikapakarti Kaltim, sekaligus melantik jajaran DPP Ikapakarti Kaltim. “Ya saya siap menjadi salah satu pelindung, sekaligus melantik jajaran DPP Ikapakarti Kaltim sesuai dengan waktu yang dijadwalkan,” kata Sultan HB X di hadapan sejumlah pengurus DPP Ikapakarti Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Sultan berpesan kepada jajaran Pengurus DPP Ikapakarti dan seluruh warga Jawa di Kaltim terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk pembangunan daerah. Hal itu sebagai bentuk rasa cinta Tanah Air Indonesia dengan semboyan “Di Mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung”.

Dia juga minta agar warga  Kaltim yang Orang Jawa yang selama ini mampu membangun kerukunan dan hidup harmonis bersama warga lainnya di daerah ini  harus dipertahankan. Dengan tetap menghargai dan menghormati budaya dan kearifan lokal yang selama ini dipegang oleh warga setempat.

“Harus disadari dan diakui keharmonisan yang selama ini terjadi di Kaltim dengan penduduk yang hiterogen, merupakan sebuah prestasi baik, karena  semua warganya mampu berbaur, meskipun berbeda latar belakang, suku, agama dan budaya,” kata Sultan.

Demikian juga halnya dengan kehadiran Ikapakarti, harus mampu menjadi penghubung bagi anggotanya untuk terus bekerja dan berkarya bagi  kemajuan daerah, sekaligus berdampak positif bagi kehidupan warg Kaltim lainnya.

Sementara itu, Ketua DPP Ikapakarti Kaltim, Rusmadi menyatakan bersukur atas kesiapan Sri Sultan HB X untuk melantik jajaran pengurus Ikapakarti sekaligus meluangkan waktu untuk menghadiri puncak peringatan HUT Kaltim ke-60.

“Harapan kita kehadiran Sultan HB X bisa mengobati rasa rindu warga Jawa di Kaltim, karena sosok Sultan merupakan salah satu tokoh yang dituakan bagi warga Jawa yang tersebar di Nusantara, termasuk di Kaltim,” ujarnya.

Rusmadi juga berjanji untuk berupaya menjalankan pesan Sultan, agar warga Jawa di Kaltim mampu meningkatkan peran dan karya untuk mendukung kemajuan daerah dan berdampak positif bagi warga Kaltim lainnya.

“Melalui Ikapakarti ini, tentunya bisa menjembatani berbagai aspirasi sekaligus sarana komunikasi warga Kaltim, khususnya Etnis Jawa, sehingga mampu menjalin kerjasama dengan warga Kaltim lainnya untuk kemajuan daerah,” kata Rusmadi.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina DPP Ikapakarti Kaltim, Bambang Susilo mengapresiasi pesan Sri Sultan HB X, terkait dengan keberadaan orang Jawa di daerah agar terus menjalin komunikasi serta berkarya lebih baik untuk kemajuan daerah masing-masing.

Termasuk pesan tentang bagaimana agar Warga Kaltim yang orang Jawa agar terus menghormati budaya dan kearifan lokal, sehingga mampu menjalin kerjasama dan harmonisasi dengan penduduk lain, meskipun dengan  agama, suku dan budaya serta latar belakang berbeda.

“Saya kira pesan ini artinya sangat dalam dan harus menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya bagi warga Kaltim yang berasal dari Tanah Jawa,” kataya. (santos/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation