Sumpah Pemuda di Kaltim Dirangkai Penyambutan EKW

Kemarin Kapsul Waktu Tiba di  Samarinda

 

SAMARINDA - Mempringati Hari Sumpah Pemuda hari ini di Kaltim terasa istimewa, karena peringatan tersebut dirangkai dengan penyambutan Gerakan Nasional (G70) Ekpedisi Kapsul Waktu (EKW) yang dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Rabu (28/10).

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim HS Adiyat menyebutkan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini cukup istimewa, karena Pemprov Kaltim akan menyampaikan tujuh aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Pusat yang disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dihadapan Panitia  Nasional G70 EKW dan masyarakat.

Tujuh aspirasi yang akan disampaikan gubernur, salah satunya adalah Kaltim diharapkan ke depan dapat sebagai lokomotif ekonomi Indonesia dan Asia Timur. Aspirasi ini merupakan mimpi yang diharapkan dapat menjadi kenyataan hingga 2085.

“Terasa istimewa tahun ini. Peringatan Sumpah Pemuda di Kaltim akan dirangkai dengan upacara penyampaian aspirasi atau mimpi dan harapan masyarakat Kaltim untuk 70 tahun ke depan dihadapan masyarakat Kaltim dan Panitia Nasional G70 EKW. Ada tujuh harapan yang akan disampaikan gubernur pada puncak peringatan Sumpah Pemuda nanti,” kata Adiyat di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (27/10).

Menurut dia, dari tujuh harapan tersebut akan ditandatangani sejumlah pejabat di daerah, yakni Gubernur, Ketua DPRD, Kapolda dan  Kajati Kaltim serta Pangdam VI Mulawarman. Selain itu, Selasa malam (27/10) dilaksanakan welcome dinner penyambutan Panitia Nasional G70 EKW di depan Kantor Gubernur Kaltim.

Puncak pelaksanaan di Samarinda, selain menyambut rombongan Kapsul Waktu, masyarakat Ibukota Provinsi akan dihibur oleh artis ibukota, konvoi mobil dan motor gede, ekpose komunitas-komunitas, pergelaran seni budaya, motivasi 1.000 orang, bazaar dan wisata kuliner, serta penyampaian tujuh mimpi aspirasi masyarakat yang disampaikan Gubernur Kaltim dihadapan Panitia Kapsul Waktu.

Dari momentum ini, Pemprov berharap ke depan pemuda di Kaltim lebih kreatif dan professional sehingga mampu menjadi generasi penerus yang siap menerima estapet kepemimpinan di masa datang.

Sambut EKW di Samarinda

 

Setelah menginap semalam di Kota Balikpapan, Tabung Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) melanjutkan perjalanan menuju Kukar tepatnya di Kecamatan Samboja, yang sebelumnya dilepas  oleh Walikota Balikpapan  Rizal Effendi  yang berlangsung di Kantor  Walikota Balikpapan.

Tabung EKW  dikawal  puluhan  mobil of raeder dengan pengawalan mobil Patwal menuju Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar),  rombongan diterima Sekretaris Daerah Pemkab Kukar H Marli berserta jajaran.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam penyambutan tersebut,  termasuk penyarahan  cendera mata dan tujuh  impian atau harapan Pemkab Kukar yang diterima langsung Kordinator tim ekpedisi nasional Rahmat Hidayat Pulungan dan Ketua Panitia Daerah Kaltim M Fajri Al Farobi. 

Setelah itu Tabung EKW kembali berangkat menuju Kota Samarinda, yang mendapat sambutan antusias dari masyarakat sepanjang perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda. Tepat pukul 15.00 Wita,  rombongan  EKW sampai di  Kota Samarinda tepatnya di Depan Masjid Baitul Mutaqin Islamic Senter Samarinda. Rombongan dietrima Ketua Umum Panitia Daerah EKW Kaltim  Dr Meiliana, didampingi Asisten III Setprov Kaltim H Bere Ali, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin. Setelah itu tabung EKW diinapkan di Kantor Gubernur Kaltim. (mar/jay/es/hmsporv)

////FOTO : Ketua Umum Panitia Daerah EKW Kaltim  Dr Meiliana, didampingi Asisten III Setprov Kaltim H Bere Ali, menyambut kedatangan rombongan Panitia Nasional EKW di Samarinda.(johan/humasprov)

 

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation