Syachrumsyah (Sekjen Lembaga Budaya Adat Kutai Kaltim)

Cikal Bakal Sepinggan

 

Atas nama Lembaga Budaya Adat Kutai (LBAK) Kaltim bersama seluruh jajaran LBAK kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara sangat mendukung serta setuju atas usul penambahan nama Bandara Sepinggan  Balikpapan menjadi Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Penambahan nama yang diusulkan Sultan Aji Muhammad Solehudin II yang kini memimpin kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ini tidak mengurangi makna dan keberadaan Bandara tersebut.

Lagi pula kalau kita mengerti serta mengenal sosok Sultan Aji Muhammad Sulaiman maka akan sangat mengagumi ketokohan dan jasanya terhadap Kaltim yang saat itu masih dikenal sebagai Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

Diantaranya, pada waktu kepemimpinan Sultan Kutai ke-18 ini dengan gelar Sri Paduka Sultan Aji Muhammad Sulaiman Al Adil Khalifatul Mu’minin sangat dikenal di Nusantara bahkan negara-negara luar dan kerajaan mencapai masa puncak atau masa keemasan pada waktu itu.

Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan orang pertama yang melakukan kesepakatan dengan pihak Belanda terhadap pembentukan pemerintahan semi otonomi untuk Kaltim dan memberikan penambahan konsesi BBM di Balikpapan termasuk pembangunan Bandara Sepinggan Balikpapan. Ini yang seharusnya kita hargai. Bukan berpolemik tanpa dasar pengetahuan dan sejarah.

Berita Terkait
Government Public Relation