*Tabligh Akbar dan Buka Bersama Wagub


BALIKPAPAN - Safari Ramadan yang dilaksanakan jajaran Pemprov Kaltim ke sejumlah daerah diharapkan memberi manfaat bagi umat muslim. Termasuk Safari Ramadan yang dirangkai dengan tablig akbar dan buka puasa serta tarawih bersama di rumah pribadi Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP di Balikpapan Baru, Senin (13/6).

Mukmin berharap kegiatan rutin ini bukan hanya bertujuan meningkatkan tali silaturrahim jajaran Pemprov Kaltim,  bersama masyarakat tetapi memberikan manfaat kepada seluruh umat, terutama umat muslim yang saat ini sedang menjalani ibadah puasa Ramadan.

“Program ini setiap tahun dilakukan, bahkan untuk tabligh akbar ini kami laksanakan setiap bulan sekali, baik secara pribadi maupun institusi dengan sejumlah majelis ta’lim. Tetapi kali ini bersama Majelis Ta’lim Raudhatul Mukminah Kaltim dan sejumlah tokoh masyarakat di Balikpapan,” kata Mukmin Faisyal usai shalat tarawih bersama yang juga dirangkai dengan pemotongan nasi tumpeng menandakan hari jadi Mukmin Faisyal ke-66 tahun.

Melalui kegiatan tersebut pemahaman tentang ajaran Islam yang diajarkan Rasulullah SAW diharapkan dapat diterima dengan baik oleh setiap umat muslim. Sehingga ajaran yang diberikan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan pekerjaan maupun rumah tangga. 

Acara juga dirangkai dengan dialog yang dipandu narasumber, sehingga apa yang disampaikan dapat dipahami setiap umat muslim yang hadir. “Jadi, kegiatan ini bukan hanya diikuti tetapi dapat dipahami dan diamalkan ketika kembali ke rumah masing-masing. Artinya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua umat muslim yang hadir,” jelasnya.

Hikmah dari kegiatan tersebut disampaikan ustadz Taufiqurrahman asal Jakarta. Taufiqurrahman menjelaskan tentang bagaimana kriteria afiat yang sering disampaikan setiap umat muslim ketika ditanya sesama muslim, misal ucapan sehat walafiat.

Afiat pertama adalah ilmu yang bermanfaat, kedua ibadah yang baik, ketiga rizki yang halal, keempat syukur atas nikmat dan kelima sabar dalam semua ujian. Artinya dari semua kriteria tersebut adalah bagaimana dalam kehidupan sehari-hari setiap muslim selalu memperhatikan lima kriteria tersebut, jika ingin selamat dunia dan akhirat.    

Dalam kesempatan tersebut hadir Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim dan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Kagumi Kerukunan Umat Beragama
Kagumi Kerukunan Umat Beragama

07 November 2013 Jam 00:00:00
Agama

LENSA KALTIM MAJU 2018
LENSA KALTIM MAJU 2018

26 Juli 2014 Jam 00:00:00
Agama