Tagana Gelar Bakti Sosial dan Tanam Seribu Bibit Pohon

Peringati Hari Jadi ke-10 

SAMARINDA-Memperingati hari jadinya yang ke-10, jajaran Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltim menggelar apel siaga bencana. Acara juga dirangkai dengan gerakan penghijauan di Kelurahan Gunung Lingai, Samarinda, Rabu (16/4). Apel siaga bencana dan aksi penghijauan dipimpin Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekprov Kaltim, H Bere Ali.

Saat menyampaikan sambutan, mantan Kepala Dinas Sosial Kaltim itu memberikan apresiasi tinggi atas kinerja jajaran Tagana yang keberadaannya telah memberikan  banyak manfaat bagi masyarakat.

Dia pun berharap agar dengan momentum peringatan hari jadi yang ke-10 ini,  Tagana bisa semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas, dalam hal kemampuan maupun peningkatan pemahaman nilai-nilai kesetiakawanan sosial di masyarakat.
   "Keberadaan Tagana manfaatnya sudah banyak dirasakan masyarakat, sesuai tupoksinya sebagai garda terdepan penanggulangan korban bencana alam dan sosial di masyarakat," kata Bere Ali.

Bere mengingatkan agar dengan bertambahnya usia, Tagana dapat terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan personil. Hal ini penting agar personil Tagana benar-benar dapat diandalkan, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana, Tagana bisa lebih sigap dan tanggap melakukan penanggulangan untuk melakukan evakuasi korban.

Ditambahkan, keberadaan Tagana akan semakin diperlukan seiring kesiapan personil yang memiliki kemampuan dalam hal pendampingan psikososial terhadap korban bencana alam maupun bencana sosial. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki personil-personil Tagana Kaltim.
      Di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kaltim Hj Siti Rusmalia Idrus mengatakan,  tujuan digelarnya apel siaga tersebut selain untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama anggota Tagana, kegiatan yang dirangkai dengan kegiatan bakti sosial di lingkungan Kelurahan Gunung Lingai tersebut juga menjadi bentuk sumbangsih Tagana Kaltim kepada masyarakat khususnya dalam mewujudkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial di masyarakat.

"Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan Tagana Kaltim ini bisa bermanfaat dan diterima dengan baik oleh masyarakat," kata Rusmalia.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Tagana ke-10 ini digelar selama  tiga hari yakni 15 hingga 17 April di Kelurahan Gunung Lingai, Samarinda.
      Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 personil Tagana dari kabupaten/kota se-Kaltim. Kegiatan bakti sosial yang digelar meliputi pengobatan gratis hingga penyuluhan ke sekolah-sekolah tentang ketahanan tanggap bencana serta kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon. 

Pada apel siaga bencana kemarin juga dilakukan penyematan pin star one diving, penyerahan piagam penghargaan Tagana Terbaik II Nasional, serta penyerahan bantuan berupa lauk pauk dan tenda keluarga kepada 590 warga di kawasan Kelurahan Gunung Lingai yang dilakukan secara simbolis oleh Asisten Kesra Sekprov Kaltim, Bere Ali.

Acara juga dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Samarinda, perwakilan Polri, TNI, pejabat dan staf di lingkungan Dinas Sosial Kaltim, camat, lurah, ketua RT, anggota Orari, Karang Taruna serta sejumlah ormas dan masyarakat setempat. (sar/sul/hmsprov)

////Foto : Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekprov Kaltim, H Bere Ali memimpin aksi penanaman seribu pohon yang dilakukan jajaran Tagana se-Kaltim dalam rangkaian hari jadinya yang ke-10, di Kelurahan Gunung Lingai, Samarinda. (sarjono/humasprov)

 

Berita Terkait