Tagana Harus Menjadi Petugas Shelter Tangguh


SAMARINDA – Melakukan penyelamatan sekaligus memberikan pelayanan dan rasa aman selama di pengungsian bagi korban bencana diperlukan petugas shelter (pengungsian) yang andal, terampil dan tangguh.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kaltim Hj Siti Rosmalia Idrus menegaskan Tagana (Taruna Siaga Bencana) merupakan ujung tombak pemerintah dalam penanganan korban bencana.

“Tagana sebagai relawan di pengungsian (shelter) harus tangguh dan memiliki kesigapan, kecepatan dan ketepatan bereaksi terhadap pemenuhan kebutuhan korban bencana,” kata Rosmalia  pada Pemantapan Kemampuan Shelter Korban Bencana Alam di Samarinda, Selasa (31/5).

Petugas shelter menurut dia, harus memiliki semangat dan jiwa empati (kepedulian) yang tinggi serta profesional sehingga korban bencana merasa terlayani dan terlindungi.

Apalagi, lanjutnya, apabila mengacu pada nota kesepahaman penanganan terhadap korban bencana yang intinya mengharuskan mampu melaksanakan penyediaan dan penyaluran bantuan bagi korban bencana.

Juga memberikan pelayanan psikososial korban bencana serta pengelolaan dan pertukaran informasi dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan.

Rosmalia mengharapkan pemantapan yang difasilitasi Dinsos ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan tagan sebalku petugas shelter dalam penanggulangan korban bencana.

“Selain meningkatkan kemampuan Tagana juga meningkatkan koordinasi pemerintah pusat dengan daerah serta peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam penanggulangan bencana maupun para korbannya,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Ayi Hikmat menyebutkan pemantapan kemampuan shelter dilaksanakan selama enam hari (30 Mei-3 Juni) diikuti 60 peserta terdiri dari petugas Tagana kabupaten dan kota se-Kaltim.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan personil Tagana agar semakin tangguh, terampil, terlatih dan siap dalam melaksanakan penanggulangan bencana dan korbannya pada masa kesiapsiagaan, tangggap darurat maupun rehabilitasi,” ujar Ayi Himat.(yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation